Waktu yang Tepat Pemberian Pupuk Tanaman Durian

Pertanianku — Proses pemberian pupuk tanaman durian harus dilakukan tepat waktu agar tanaman durian mampu tumbuh dengan optimal. Pada prinsipnya, ada tiga waktu penting pemberian pupuk pada tanaman durian yang berkaitan dengan fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut.

pemberian pupuk tanaman durian
Foto: Shutterstock

1. Pada saat sebelum menanam (pupuk dasar)

Sebelum menanam pohon durian, sebaiknya tanah yang nantinya akan digunakan untuk lubang tanam diberi pupuk terlebih dahulu. Tujuannya adalah mencukupi unsur hara tanah sehingga sesuai dengan kebutuhan tanaman durian.

Loading...

Pada saat ini pupuk yang cocok diberikan adalah pupuk organik seperti pupuk kandang/kompos yang dapat Anda beli di toko pupuk atau Anda buat sendiri dari daun atau kotoran hewan peliharaan. Adapun aplikasi penggunaannya dengan mencampur tanah bekas galian dengan pupuk organik.

2. Pada saat pertumbuhan generatif

Pada saat tanaman durian berada pada fase pertumbuhan generatif, pemupukan yang diberikan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Pupuk diberikan pertama kali pada saat tanaman durian berumur tiga bulan. Adapun jenis pupuk yang diberikan terdiri atas dua macam, yaitu pupuk organik/pupuk kompos/pupuk kandang dan pupuk NPK.

Pemupukan dengan menggunakan pupuk organik ini paling baik dilakukan pada musim kemarau. Sementara, pemberian pupuk NPK dilakukan secara rutin dan diulangi setiap empat bulan sampai dengan tanaman berumur tiga tahun.

3. Pada saat tanaman sudah berbuah

Pemupukan durian pada tahap ini bertujuan merangsang pembuahan, meningkatkan kualitas buah, dan memperbaiki kondisi tanaman setelah berbuah.

Selain waktu yang tepat, pemupukan tanaman durian juga harus disesuaikan dengan dosis pupuk itu sendiri dan berdasarkan umur durian. Hal ini tentunya bertujuan agar tanaman durian mampu tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan buah yang berkualitas unggul.

Baca Juga:  Pupuk yang Dibutuhkan Jambu Air Madu Deli untuk Menghasilkan Buah yang Lebat
Loading...
Loading...