Waktu yang Tepat untuk Memberikan Pakan Ikan

Pertanianku — Pemberian pakan tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat memengaruhi efektivitas pakan ikan. Akan menjadi percuma jika pakan yang diberikan tidak dapat bekerja secara optimal karena waktu pemberian tidak tepat. Pakan yang diberikan hanya akan mengendap di dasar kolam dan terbuang sia-sia.

pakan iakn
foto: pertanianku

Pakan sangat penting bagi ikan karena dapat memengaruhi daya tahan ikan terhadap penyakit. Jika abai dalam proses pemberian, hasil budidaya yang didapatkan bisa berkualitas jelek dan mengundang berbagai jenis penyakit.

Frekuensi pemberian pakan untuk benih bisa dilakukan sebanyak 4—5 kali dalam sehari. Sementara itu, untuk ikan yang sudah besar bisa diberikan sebanyak 3 kali sehari.

Waktu pemberian pakan bisa dilakukan dengan memerhatikan nafsu makan ikan. Waktu pemberian pakan yang paling tepat adalah pagi hari pukul 07:00, siang sekitar 12:00, sore 17:00, dan malam hari pada pukul 22:00.

Untuk ikan nokturnal yang beraktivitas di malam hari membutuhkan asupan makanan ketika menjelang malam atau sudah malam. Hal ini dikarenakan intensitas kegiatan serta nafsu makan hewan nokturnal lebih tinggi saat malam hari.

Ikan nokturnal yang sering dibudidayakan adalah ikan patin dan belut. Waktu pemberian pakan yang tepat untuk ikan nokturnal adalah 07:00, 12:00, 17:00, dan 22:00. Sementara itu, untuk ikan yang bersifat diurnal lebih baik diberikan pakan pada pagi, siang, dan sore hari dengan porsi pakan yang seimbang.

Pemberian pakan sebaiknya jangan dilakukan ketika matahari sedang sangat terik karena suhu udara sedang tinggi. Suhu yang tinggi dapat memengaruhi nafsu makan ikan. Jika Anda tetap memberikan pakan ketika suhu sedang tinggi, pakan tersebut tidak akan dimakan oleh ikan dan hanya mengendap di dasar kolam. Pakan yang mengendap di dasar kolam dapat menyebabkan perubahan pada kualitas air kolam yang dapat membahayakan kesehatan ikan.

Baca Juga:  Manfaat Probiotik untuk Ikan

Pemberian pakan juga tidak boleh dilakukan saat hujan karena air hujan dapat menyebabkan air kolam menjadi agak asam. Pada kondisi tersebut, biasanya ikan tidak ingin memakan pakan yang diberikan. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan setelah 30—45 menit hujan berhenti.


loading...