Waktu yang Tepat untuk Menanam Jahe

Pertanianku — Terkadang, waktu juga dapat memengaruhi hasil bertanam. Hal ini karena waktu berpengaruh terhadap kondisi iklim, persediaan air, hingga kesiapan lahan dan tenaga kerja. Menanam jahe sebaiknya dilakukan saat persediaan air melimpah karena bibit jahe sangat bergantung pada ketersediaan air. Penanaman jahe sebaiknya disesuaikan dengan kesiapan lahan, tenaga kerja, dan bibit itu sendiri.

menanam jahe
foto: Pertanianku

Kesiapan lahan

Lahan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan tanaman untuk tumbuh. Jadi, sebelum bibit jahe ditanam, Anda harus mempersiapkan lahan terlebih dahulu dengan cara diolah. Lahan sudah harus matang sebelum bibit ditanam. Tanah yang belum gembur harus digemburkan terlebih dahulu, begitu pun dengan tanah yang kurang subur harus disuburkan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengolahan tanah dengan pembalikan tanah, pemberian pupuk organik, dan bila perlu pengapuran.

Tanah yang sudah siap digunakan pada umumnya tidak padat, remah, gembur, mudah diambil dengan tangan, berongga atau berpori-pori halus, serta tidak ada gulma dan rerumputan.

Kesiapan tenaga kerja

Tak hanya lahan yang harus siap, Anda juga perlu memastikan tenaga kerja yang dibutuhkan sudah siap. Apalagi, jika Anda ingin menanam jahe dalam skala besar di lahan yang cukup luas. Anda harus sudah mengetahui berapa banyak tenaga pekerja yang dibutuhkan untuk budidaya jahe agar tidak terjadi inefisiensi pada biaya tenaga kerja. Biasanya, tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menanam satu hektare lahan sekitar 25 HOK (hari orang kerja).

Jika Anda menggunakan pekerja yang sudah andal, mungkin hal ini tidak menjadi masalah yang begitu berarti. Namun, jika mempekerjakan tenaga baru, Anda perlu mengajarinya terlebih dahulu.

Kondisi penanaman

Sebelum menanam jahe, Anda perlu memastikan terlebih dahulu kondisi penanaman karena hal tersebut berkaitan dengan kematangan lahan yang sudah siap digunakan dan kesiapan bibit yang diperlukan. Anda juga perlu memerhatikan waktu tanam dengan kondisi curah hujan, sedang tinggi atau tidak.

Baca Juga:  Pupuk Bersubsidi Program Stategis Lintas Kementerian

Berdasarkan pengalaman para pembudidaya jahe, waktu yang tepat untuk menanam jahe adalah awal musim hujan, yakni setelah 2—3 kali hujan turun.

 


loading...