Waktu yang Tepat untuk Menanam Tomat

Pertanianku Menanam tomat tidak begitu sulit, semua orang pasti bisa melakukannya dengan bersungguh-sungguh. Namun, hasil akhir dari usaha budidaya bukan hanya hasil panen, melainkan keuntungan yang didapatkan. Pemilihan waktu tanam yang tepat bisa berdampak langsung terhadap keuntungan yang akan Anda dapatkan.

menanam tomat
foto: Pixabay

Teknik budidaya perlu didukung dengan pemilihan waktu penanaman yang tepat bila Anda menginginkan hasil optimal.

Memilih waktu bertanam tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda harus memperhatikan kondisi iklim dan kebutuhan pasar yang erat kaitannya dengan permintaan konsumen.

Permintaan konsumen biasanya dipengaruhi oleh hari-hari besar keagamaan, seperti Lebaran dan Natal. Menjelang hari-hari besar, biasanya permintaan akan jauh lebih tinggi dibanding hari biasa.

Menanam tomat di lahan kering paling baik dilakukan di akhir musim hujan yang berlangsung pada Maret hingga April. Sementara itu, untuk memperoleh harga tomat yang tinggi Anda bisa melakukan penanaman pada Oktober dan panen di Desember. Namun, penanaman ini memiliki risiko gagal panen yang cukup tinggi.

Risiko gagal panen bisa Anda minimalisir dengan cara budidaya yang benar. Misalnya, mencelupkan terlebih dahulu bibit ke dalam larutan bakterisida dan fungisida (1:1) dengan dosis ½ dari dosis anjuran sebelum tanam.

Bibit yang sudah bisa dipindahkan ke lahan harus dicabut secara hati-hati, apalagi jika media semainya kering.

Untuk bibit tomat yang disemai di polibag, polibag tersebut tinggal dibalik dengan pangkal batang bibit yang dijepit oleh jari telunjuk dan jari tengah. Selanjutnya, tepuk secara perlahan dasar polibag agar bibit keluar bersama akar dan medianya. Media tanam tidak boleh terbongkar untuk mencegah kerusakan akar.

Lubang tanam yang akan digunakan harus disiram terlebih dahulu. Setelah bibit ditanam di dalam lubang tanam, berikan insektisida Furadan 3G secukupnya.

Baca Juga:  Fakta Mengejutkan Markisa, si Manis yang Membuat Perasaan Tenang

Pemindahan bibit tomat ke lahan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum jam 09:00 atau sore hari setelah 15:30 untuk mencegah tanaman stres. Penanaman pada siang hari harus dihindari karena dapat menyebabkan bibit stres.