Waktu yang Tepat untuk Panen Cabai

Pertanianku — Cabai termasuk komoditas pertanian yang cukup penting karena permintaannya terbilang tinggi. Cabai merupakan buah klimaterik, yakni buah yang masih bisa mengalami proses pemasakan meskipun sudah dipanen. Proses respirasi, transpirasi, dan fotosintesis akan terus berjalan seperti saat buah berada di tanaman. Oleh karena itu, panen cabai harus dilakukan pada waktu yang tepat agar buah tidak terlalu matang ketika sampai di tangan konsumen.

panen cabai
foto: pertanianku

Buah cabai yang akan dikirim ke tempat yang jauh memerlukan waktu transportasi yang lama. Oleh karena itu, cabai sebaiknya dipanen saat tingkat kematangannya telah mencapai 70 persen. Saat itu buah cabai masih berwarna merah kehitaman. Hal tersebut bertujuan agar cabai dapat mencapai tingkat kematangan optimal ketika sampai di tempat pemasaran.

Cabai yang dipanen saat tingkat kematangannya sudah mencapai 70 persen biasanya akan matang sempurna setelah 3—4 hari panen.

Panen cabai tidak boleh dilakukan ketika cabai masih dalam kondisi terlalu muda. Kondisi tersebut bisa menyebabkan buah yang sudah dipanen mudah layu, bobotnya lebih ringan, tidak bisa bertahan lama, dan buah cepat membusuk karena kadar airnya terlalu tinggi.

Namun, panen cabai dalam umur muda sebenarnya bisa saja dilakukan jika memang ada permintaan cabai hijau.

Untuk cabai merah yang biasa dijual di pasar lokal, biasanya dipanen ketika tingkat kematangannya sudah mencapai 80 persen. Sementara itu, untuk cabai merah yang akan dijual di swalayan atau diekspor, tingkat kematangan cabai yang akan dipanen sekitar 70 persen.

Cabai juga tidak boleh dipanen terlalu tua, ketika seluruh tubuh cabai berwarna merah. Hal tersebut dikawatirkan akan membuat cabai terlalu matang saat sampai di tangan konsumen sehingga daya tahan cabai tidak bertahan lama. Namun, sebenarnya daya tahan cabai bisa diperpanjang dengan cara disimpan dalam suhu 4—5°C. Cara tersebut dapat memperpanjang daya simpan cabai selama 1—2 hari.

Baca Juga:  Budidaya Sawi Organik di Pekarangan Rumah

Buah cabai sebaiknya dipanen bersamaan dengan tangkainya agar tingkat kesegaran buah yang sudah dipanen dapat terjaga.