Waktu yang Tepat untuk Penyiraman Tanaman

PertaniankuPenyiraman tanaman harus dilakukan dengan benar dan tepat agar air yang diberikan bisa membantu tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Namun, masih banyak orang awam yang masih belum paham waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman. Hal tersebut menyebabkan banyak orang yang sembarangan dalam melakukan penyiraman.

penyiraman tanaman
foto: Pertanianku

Pada dasarnya, penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan pagi hari saat matahari belum terlalu terik, biasanya berlangsung pada pukul 08:00—10:00. Jika tanaman perlu disiram sebanyak dua kali sehari, penyiraman kedua dapat dilakukan sore hari pukul 16:00—18:00.

Penyiraman yang dilakukan ketika matahari sedang terik dapat menyebabkan tanaman menjadi stres karena tingkat penguapan yang terjadi cukup tinggi.

Namun, jika di pagi hari tidak sempat menyiram tanaman, Anda masih bisa menyiramnya di sore hari. Penyiraman ini boleh dilakukan hanya ketika sedang keadaan darurat. Sebaiknya, tetap usahakan menyiram di pagi hari.

Penyiraman di pagi hari cukup penting bagi tanaman karena tanaman membutuhkan banyak air untuk melewati hari yang panjang. Seluruh air yang diberikan ketika pagi hari akan digunakan oleh tanaman dengan maksimal. Sementara itu, air yang diberikan di sore hari tidak bisa digunakan secara maksimal oleh tanaman.

Jika jumlah tanaman banyak, Anda bisa menggunakan sistem irigasi untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam menyiram tanaman.

Penyiraman lebih mudah dilakukan pada tanaman di dalam pot. Anda bisa mengetahui berapa banyak volume yang dibutuhkan dan kapan tanaman harus mendapatkan penyiraman. Penyiraman tanaman di dalam pot harus rutin dilakukan untuk menjaga media tanam tidak sampai kering atau memadat. Media yang kering atau memadat akan menghambat pembentukan bunga dan buah tanaman.

Selain waktu, Anda perlu memerhatikan volume air yang diberikan. Ada beberapa jenis tanaman yang tidak bisa menerima volume air yang tinggi. Pada dasarnya, penyiraman cukup dilakukan hingga media tanam terlihat basah, jangan sampai media tanam tersebut menjadi tergenang oleh air karena bisa menyebabkan tingkat kelembapan tinggi dan mengundang berbagai macam penyakit.

Baca Juga:  Langkah Mudah Merawat Lada Perdu

Air menjadi kebutuhan mutlak yang harus disediakan oleh pekebun karena peran air sangat penting untuk kelangsungan hidup dan produktivitas tanaman. Air diperlukan untuk memacu pertumbuhan, pembentukan bunga dan buah, serta perkembangan tanaman yang berkelanjutan.