Warna Anggur Berbeda, Apakah Gizinya Sama?


Pertanianku — Anggur adalah salah satu buah yang sangat digemari banyak orang. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ada beberapa jenis anggur dengan warna yang berbeda. Karena itu, timbul pertanyaan: warna anggur berbeda, apakah gizinya sama?

warna anggur berbeda
Foto: Pixabay

Selain dimakan mentah, anggur juga kerap kali diolah dan digunakan untuk membuat minuman rasa anggur, selai, jus, agar-agar, kismis, cuka, atau minyak buah anggur. Buah yang berukuran bulat kecil dan manis ini adalah buah yang kaya manfaat.

Ada tiga warna anggur yang sering kita lihat, yakni warna hitam keunguan, merah, dan hijau. Tapi tahukah Anda bahwa manfaat anggur berbeda-beda sesuai warnanya? Penasaran dengan jawabannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Anggur hitam keunguan untuk awet muda

Anggur warna hitam keunguan kaya akan reservatrol. Apakah itu? Reservatrol adalah zat yang dapat mencegah sel-sel kulit mengalami penuaan dengan cepat. Anggur cocok dikonsumsi untuk membuat Anda awet muda.

Tidak hanya itu, zat reservatol juga bisa menjaga tekanan darah di tubuh tetap stabil, melancarkan peredaran darah dan jantung, serta dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Menariknya, ternyata semakin gelap warna anggur, kandungan reservatrol di dalam anggur semakin tinggi.

  1. Anggur merah sebagai anti-oksidan

Mirip dengan manfaat anggur hitam keunguan, anggur merah juga memiliki kandungan reservatrol yang cukup tinggi. Selain reservatrol, ada kandungan lainnya dalam anggur merah, yaitu quercetin yang menjadi anti-oksidan bagi tubuh. Anti-oksidan adalah zat yang dapat melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai macam penyakit sehingga membuat ketahanan tubuh menjadi lebih kuat dan tetap bugar.

  1. Anggur hijau sebagai pencegah peradangan

Sama seperti anggur merah, anggur hijau juga memiliki anti-oksidan. Akan tetapi, jenis anti-oksidan yang dimiliki anggur hijau adalah katekin. Zat ini dapat menghindarkan Anda dari peradangan atau pembengkakan di dalam tubuh.

Baca Juga:  Cara Menanam Jeruk Limau Agar Cepat Berbuah

Manfaat lainnya dari anggur hijau, yaitu untuk membantu menghilangkan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh, dapat melangsingkan tubuh, serta membuat daya tahan tubuh lebih maksimal.

loading...
loading...