Waspada! 4 Hewan ini Bisa Memangsa Mangga Alpukat

Pertanianku — Ada 4 hewan yang harus Anda waspadai ketika mendekat ke pohon mangga alpukat. Hewan tersebut bisa memangsa mangga alpukat dan menyebabkan Anda gagal panen. Berikut ini 4 hewan yang dianggap hama untuk pohon mangga alpukat.

mangga alpukat
foto: pixabay

Kalong

Kalong Pteropus vampyrus (L.), merupakan kelelawar besar yang akan berkeliaran pada sore hari dan menjelang malam. Kalong akan mencari buah-buahan sebagai makanannya, salah satunya buah mangga.

Kalong dapat menyerang pohon mangga secara bersama-sama dan berturut-turut selama beberapa hari. Kalong akan memakan buah yang sudah tua karena rasanya yang manis. Untuk mengendalikan serangan kalong, Anda bisa menggunakan perangkap jala di sekitar perkebunan.

Cara lain untuk mencegah kalong agar tidak memakan buah mangga yang ada di kebun adalah memasang kincir angin yang diberikan peluit. Bunyi nyaring peluit tersebut dapat menakut-nakuti kalong.

Anda juga bisa menggunakan semut rangrang untuk mencegah gangguan kalong karena kalong tidak suka dikerumuni oleh semut sewaktu menyantap buah.

Codot

Codot Cynopterus sp. merupakan kelelawar kecil seperti kalong yang senang dengan buah-buahan sebagai makanannya. Cara pengendalian codot hampir sama seperti kalong. Anda bisa menggunakan jala, kincir angin yang sudah diberikan peluit, ataupun semut rangrang.

Kera

Lokasi kebun yang berdekatan dengan hutan rentan terkena serangan kera. Binatang ini bisa menghabiskan buah mangga secara masal. Untuk meminimalisir serangan kera, Anda bisa menggunakan anjing penjaga kebun karena gonggongan anjing bisa menakuti kera sehingga mencegah kera datang ke kebun.

Namun, jika populasi kera yang menyerang cukup banyak, sebaiknya lakukan pengendalian dengan menangkap semuanya untuk dilepasliarkan kembali ke hutan yang jauh dari area perkebunan.

Burung

Ada beberapa jenis burung yang harus Anda waspadai, di antaranya jalak, kepodang, kutilang, dan cucak. Jenis-jenis burung tersebut sering merusak buah mangga yang sudah masak sehingga tidak bisa dipanen.

Baca Juga:  Ciri-ciri Varietas Tomat yang Unggul

Burung-burung tersebut bisa diatasi dengan memberikan kincir angin yang sudah diberikan peluit. Atau, Anda bisa menggunakan orang-orangan di pohon untuk menakut-nakuti burung.


loading...