Waspada! Bahan-Bahan Berkebun Sebabkan Kanker Payudara


Pertanianku – Berkebun dapat menjadi salah satu kegiatan favorit di rumah. Banyak yang bisa Anda dapatkan dari berkebun. Berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan berolahraga yang menyenangkan. Hanya saja, Anda tetap perlu hati-hati dalam berkebun.

Waspada! Bahan-Bahan Berkebun Sebabkan Kanker Payudara

Terlebih jika Anda sering menggunakan berbagai bahan kimia untuk berkebun seperti semprotan pembasmi hama, pupuk, dan lainnya. Bahan-bahan tersebut memang ampuh mengusir hama, dan membuat kebun terlihat lebih hijau, serta membuat bunga mekar lebih banyak.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa bahan kimia yang terkandung pada bahan untuk berkebun juga dapat menimbulkan kanker pada manusia. Hasil ini didapat dari sebuah penelitian yang bertujuan menguak pengaruh bahan kimia terhadap tubuh manusia.

Namun, masih sangat sulit untuk menentukan bahan kimia apa saja yang memiliki potensi membahayakan, karena dapat memicu berkembangnya sel kanker. Terutama kanker payudara pada wanita. Seperti yang kita ketahui, bahan pembasmi hama atau pupuk kimia mengandung berbagai jenis bahan kimia yang dicampur menjadi satu. Inilah yang membuat peneliti bingung untuk menentukan bahan kimia yang paling berpotensi menyebabkan kanker.

Sebagian besar dari bahan kimia yang terkandung di semprotan pembasmi hama maupun pupuk kimia termasuk dalam bahan perusak fungsi hormon. Jika Anda terkena paparan bahan tersebut secara terus-menerus, bisa jadi hormon yang bekerja dalam tubuh tidak lagi normal dan menyebabkan adanya mutasi gen sehingga sel kanker payudara yang bersifat hormon reseptif dapat tumbuh di dalam tubuh. Mulai saat ini batasi penggunaan bahan-bahan kimia saat ingin berkebun.