Waspada! Binatang-binatang Ini Hama Tanaman Buah Naga

Pertanianku — Tanaman buah naga sering dipilih sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot karena memiliki sosok pohon yang unik dan indah, apalagi jika tanamannya sedang berbuah. Tabulampot buah naga cocok ditempatkan menjadi tanaman pagar di pekarangan rumah. Tanaman merambat ini seperti tanaman lainnya rentan terkena hama.  Hama tanaman buah naga sangat mudah dijumpai sehingga Anda perlu mewaspadainya.

hama tanaman buah naga
foto: pertanianku

Tanaman yang terserang hama akan mengalami pertumbuhan yang terhambat dan pohon gagal berbuah. Hal ini karena ada beberapa bagian tanaman yang dimakan oleh hama tersebut. Berikut ini beberapa binatang yang menjadi hama tanaman buah naga yang wajib Anda waspadai.

Bekicot

Loading...

Bekicot sangat mudah dijumpai di daerah-daerah yang lembap seperti di dekat saluran air. Keberadaan bekicot di sekitar tanaman buah naga sangat merugikan karena binatang ini bisa memakan tunas sehingga tunas rusak. Bahkan, terkadang tunas yang sudah dimakan olehnya jadi membusuk.

Hama ini bisa dikendalikan dengan menjaga sanitasi kebun agar tetap baik. Anda harus rutin membersihkan pekarangan agar bisa mendeteksi keberadaan bekicot. Selain itu, gulma di sekitar tanaman juga disingkirkan. Gulma tersebut merupakan tempat yang sangat cocok untuk bekicot berkembang biak.

Semut

Semut merupakan binatang lain yang sangat mudah dijumpai, keberadaannya bisa dijumpai di mana-mana, termasuk di dekat tabulampot buah naga. Semut biasanya akan muncul di sekitar tanaman yang sudah mulai berbunga. Semut tersebut akan menyebabkan kulit buah berbintik-bintik kasar berwarna cokelat. Jika serangan sudah parah, pentil buah yang tumbuh akan menjadi kerdil dan mudah rontok.

Semut bisa dikendalikan dengan menyemprotkan Gusadrin 2 cc/liter air. Anda harus rajin melakukan monitoring tanaman untuk memantau perkembangan jumlah semut yang ada di tanaman.

Baca Juga:  Jenis Durian Unggul yang Laris di Pasaran

Burung

Sebenarnya serangan burung tidak akan menimbulkan kerusakan yang parah karena burung hanya menyerang buah di bagian atas. Namun, tetap saja kehadirannya bisa menyebabkan hasil produksi berkurang beberapa persen. Untuk menjaga buah dari serangan burung, Anda harus rutin memantau pohon yang sudah berbuah, apalagi jika buahnya sudah berwarna merah.

 

Loading...
Loading...