Waspada, Burung-burung Ini Memiliki Racun Berbahaya!

Pertanianku – Burung adalah makhluk kecil berbulu indah dengan suara kicauannya yang mampu memesonakan orang yang mendengarnya. Ada banyak burung di dunia yang terdiri atas beberapa macam spesies dan jenisnya itu. Sebagian di antaranya cukup populer sebagai burung peliharaan. Selain suaranya yang merdu, ada beberapa jenis burung yang memiliki racun mematikan. Benarkah demikian?

Bagaimana mungkin burung yang sangat digemari kicau mania memiliki bisa atau racun yang dapat membahayakan orang lain? Ternyata, tidak semua burung bersahabat dengan manusia. Bahkan, ada beberapa burung yang jika dikonsumsi akan menyebabkan kejang dan tak jarang menyebabkan kematian.

Berikut beberapa jenis burung yang memiliki racun mematikan:

Burung the common quail (burung puyuh)

Hah, burung puyuh juga beracun? Ya, Anda harus waspada akan burung puyuh ini. Pasalnya, ia bisa mendatangkan penyakit yang dikenal dengan sebutan coturnism, disebabkan oleh keracunan burung puyuh. Gejala yang ditimbulkan adalah vertigo dan kejang.

Burung the little shrikethrush

Pada sekitar 2000-an, sebuah tim peneliti telah mengumpulkan sepasang burung tersebut yang merupakan pemakan serangga, dan menemukan bahwa satu bulunya benar-benar mengandung sekresi racun yang sama dengan yang digunakan oleh katak panah beracun yang terkenal di daerah Amerika Tengah dan Selatan.

Burung spur-winged goose (flamingo)

Burung flamingo mendapatkan warna merah muda mereka dari krustasea yang mereka makan. Burung ini menyerap racun dari kumbang beracun secara berkala sehingga membuat dagingnya sendiri mematikan untuk dikonsumsi karena beracun.

Baca Juga:  Ternyata Semut Tidur Sebanyak 250 Kali dalam Sehari