Waspada Dampak Buruk Pestisida Kimia Terhadap Lingkungan

Pertanianku — Pada kenyataannya penggunaan pestisida tidak selalu tepat sasaran, justru sebagian besar pestisida jatuh ke tanah. Pestisida tersebut akan terakumulasi di permukaan tanah sehingga dapat mencemari lingkungan. Jika Anda menggunakan pestisida kimia, kandungan kimia yang berbahaya dapat masuk ke rantai makanan dan bersifat racun bagi tubuh karena menyebabkan penyakit.

pestisida kimia
foto: Pertanianku

Masih ada banyak dampak buruk dari penggunaan pestisida kimia yang berhubungan langsung dengan lingkungan dan sistem. Anda perlu mewaspadai hal tersebut agar dapat menggunakan pestisida dengan bijak. Simak ulasannya di bawah ini.

Pencemaran lingkungan

Penggunaan pestisida kimia berdampingan langsung dengan pencemaran lingkungan. Sebagian besar bahan kimia di dalam pestisida jatuh ke tanah dan didekomposisikan oleh mikoorganisme. Selain itu, ada juga bagian pestisida yang hanyut bersama air menuju aliran sungai dan danau sehingga kualitas air di sumber air tersebut menjadi menurun, bahkan cenderung berpotensi menyebabkan keracunan.

Kesuburan tanah menurun

Penggunaan insektisida dapat membunuh fauna yang ada di dalam tanah dan menurunkan tingkat kesuburan di dalam tanah. Penggunaan pupuk secara terus-menerus justru dapat menyebabkan tanah menjadi masam sehingga tingkat kesuburan tanah menjadi berkurang. Penurunan tingkat kesuburan menyebabkan kerusakan tanah sehingga tidak bisa digunakan untuk bertanam kecuali diberikan perlakuan untuk memperbaiki kondisinya yang sudah rusak.

Mengganggu keseimbangan lingkungan

Tidak hanya mencemari lingkungan, penggunaan pestisida kimia juga dapat mengganggu keseimbangan lingkungan karena beberapa spesies fauna mati. Kematian beberapa spesies fauna dapat menyebabkan perubahan pola interaksi di dalam ekosistem, seperti rantai makanan. Kondisi tersebut mengakibatkan keseimbangan lingkungan terganggu, daur materi dan daur biogekimia juga ikut terganggu.

Beberapa spesies punah

Pestisida yang disemprotkan dapat mengenai spesies lain yang ada di lahan. Ada hewan yang kebal terhadap pestisida, tapi ada juga yang tidak tahan. Namun, tingkat adaptasi hewan ada batasnya. Pemberian yang dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan hewan tersebut mati.

Baca Juga:  Beberapa Cara Pemeraman Mangga yang Dapat Membuat Buah Matang Lebih Cepat

Peledakan hama

Pestisida digunakan untuk mengendalikan hama, tetapi jika tidak digunakan dengan benar justru dapat menyebabkan populasi hama semakin melonjak dan tidak terkendali. Kenaikan populasi hama disebabkan oleh predatornya punah akibat terkena pestisida sehingga sudah tidak ada lagi yang memangsa hama di lahan.

 


loading...