Waspada! Hewan-hewan Ini Termasuk Hama Ikan Bandeng

PertaniankuHama ikan bandeng merupakan hewan yang mengganggu, kompetitor, atau pemangsa ikan bandeng yang dibudidayakan. Hama tersebut bisa menyebabkan kerugian bagi para petambak dan harus segera diatasi. Ada beberapa hewan yang termasuk golongan hama ikan bandeng, di antaranya ikan predator, sero, leseh, dan ular.

hama ikan bandeng
foto: pixabay

Ikan predator

Ikan predator yang membahayakan keberlangsungan hidup ikan bandeng adalah mujair, kakap putih, kerong-kerog keting/lundu, dan glodog. Ikan-ikan predator tersebut dapat mengurangi hasil panen karena memakan ikan bandeng yang ada di dalam tambak.

Serangan ikan predator tersebut bisa ditanggulangi dengan menebarkan saponin pada saat persiapan lahan tambak dan melakukan penyaringan air saat mengisi kolam tambak untuk mencegah masuknya ikan-ikan predator ke tambak.

Sero

Sero biasa disebut dengan musang air. Hewan ini sangat senang memakan ikan bandeng. Sero biasanya melakukan perburuan ikan bandeng secara kelompok. Sero dapat menyebabkan hasil tambak menurun karena bandeng dimakan olehnya.

Untuk mengatasi serangan sero di tambak, Anda bisa memberikan penerangan di sekeliling tambak. Hal ini karena sero merupakan binatang yang takut dengan sinar atau cahaya sehingga sero tidak akan masuk ke tambak dan menjauhinya.

Leseh

Leseh merupakan siput atau keong yang memakan plankton dan lumut. Leseh tidak memangsa ikan bandeng seperti hama-hama di atas, tetapi memakan pakan alami ikan bandeng di dalam tambak. Hal ini tentu saja akan merugikan petambak karena harus menyediakan pakan lebih banyak. Leseh merupakan kompetitor yang harus ditangkap agar pakan di dalam tambak tidak dimakan olehnya.

Penanggulangan yang paling efektif adalah menggunakan buah maja yang diperas isinya dan dicampurkan dengan air dan ditebar ke tambak. Ramuan tersebut sudah terbukti efektif mampu mengurangi populasi leseh di tambak ikan bandeng.

Baca Juga:  Kenal Lebih Jauh dengan Cucakrawa Asal Medan

Ular

Jenis ular yang biasa mengganggu kehidupan ikan bandeng adalah ular air. Ular ini merupakan predator yang memangsa ikan di dalam tambak. Sebenarnya, kehadiran ular di dalam tambak bukan menjadi masalah yang terlalu serius. Hal ini karena ular hanya menyerang ikan dalam jumlah sedikit. Namun, jika jumlah ular di dalam tambak terus bertambah, bisa menjadi hama yang serius.

Hama ular bisa diatasi dengan memburu dan membunuh ular tersebut, terutama di daerah pematang yang berlubang.

 


loading...