Waspada! Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Buah Semangka, Ini Sebabnya!


Pertanianku – Semangka merupakan jenis buah yang menyegarkan karena tingginya kandungan air di dalamnya. Konsumsi semangka ketika udara panas terasa begitu menyenangkan. Selain itu, kandungan air dalam semangka juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan vitamin A dan C memberikan manfaat positif untuk kesehatan tubuh.

Namun, bukan berarti Anda diperbolehkan untuk banyak makan semangka. Sebab, jika Anda mengonsumsi semangka secara berlebihan terdapat efek samping yang membahayakan tubuh. Apa saja efek samping jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi semangka? Berikut penjelasannya.

Hiperkalemia

Semangka mengandung potasium yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan hiperkalemia. Hiperkalemia dapat berpotensi mengakibatkan efek kardiovaskular berbahaya seperti detak jantung tidak teratur, denyut nadi lemah, hingga serangan jantung. Selain itu, kelebihan potasium juga bisa menyebabkan gangguan ginjal yang serius.

Penyebab gastrointestinal

Meskipun dianggap aman, mengonsumsi lebih dari 30mg lycopene yang ada dalam semangka bisa mengakibatkan efek samping, yaitu gangguan pencernaan. The American Cancer Society melaporkan bahwa kelebihan lycopene bisa menyebabkan mual, muntah, diare, dan perut kembung.

Impotensi

Bagi para pria, terlalu banyak makan semangka akan memberikan efek impotensi. Sebab, kandungan oksida nitrat akan merenggangkan pembuluh darah yang kemudian membuat ereksi membutuhkan waktu yang lama.

Terlalu banyak mengonsumsi semangka juga bisa menyebabkan alergi karena buah ini mengandung dehidrogenase malat, isomerase fosfat triose, dan profiling yang semuanya bisa merangsang alergi pada mereka yang sensitif akan lateks, seledri, mentimun, serta wortel.

Itulah efeknya jika Anda mengonsumsi semangka secara berlebihan. Meskipun Anda adalah orang yang sangat menyukai buah mengandung banyak air, konsumsilah semangka dalam batas wajar.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...