Waspada Kambing Etawa Mandul, Ketahui Ciri-cirinya

Pertanianku — Kambing etawa termasuk salah satu jenis kambing unggul yang bagus untuk diternakkan. Hal ini karena produksi susunya yang melimpah serta dagingnya cukup lezat sehingga bisa dijadikan kambing potong. Kelebihan lain dari kambing etawa adalah penampilannya yang memukau sehingga ada beberapa jenis etawa yang lebih dikhususkan untuk kambing kontes.

kambing etawa
foto: Pertanianku

Ketika Anda ingin membeli kambing etawa, sebaiknya perhatikan pola warna pada tubuh, pola telinga dan kepala, pola tubuh, serta sistem produksinya bagus. Pasalnya, jika Anda asal-asalan membeli kambing etawa, bisa saja kambing yang Anda beli adalah kambing mandul.

Jika dilihat dari pola warna, Anda bisa mendapati berbagai jenis variasi pola, seperti putih, hitam, dan cokelat. Pola yang paling sering digemari adalah pola dasar badan putih dengan pola kepala berwarna hitam legam.

Bentuk telinga etawa yang bagus sudah tentu yang menjuntai ke bawah, lemas, dan panjang. Bentuk telinga menjadi salah satu identitas dari kambing etawa. Semakin panjang bentuk telinga, kondisi kambing akan semakin bagus. Panjang telinga yang ideal untuk etawa sekitar 23—25 cm. Sementara itu, bentuk kepala yang bagus adalah cembung seperti lingkaran jika dilihat dari samping.

Semakin besar tulang kambing, kemungkinan besar pertumbuhan kambing akan semakin maksimal. Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda ketika membeli kambing etawa di pasaran.

Bagian penting yang tak boleh tertinggal untuk diamati adalah ambing. Ambing merupakan kelenjar penghasil susu yang berada di bagian bawah tubuh kambing. Bentuk ambing dapat menggambarkan tingkat produktivitas kambing.

Secara umum etawa sudah memasuki masa birahi saat berumur 6 bulan. Secara fisik, memang sulit untuk menebak tingkat produktivitas kambing sehingga Anda tidak bisa menebak mandul atau kambing tersebut. Namun, kambing yang sudah beranak umumnya akan mengalami pembesaran di bagian ambing. Oleh karena itu, Anda mesti waspada terhadap kambing yang sudah tua tetapi bentuk ambingnya masih kecil, bisa jadi kambing tersebut mandul.

Baca Juga:  Ekstensif, Sistem Ternak Ayam Kampung yang Sering Digunakan Masyarakat Pedesaan

Untuk menghindari kemandulan pada kambing peliharaan, sebaiknya Anda membeli pejantan dan indukan etawa langsung dari peternakan tepercaya agar tidak dibohongi. Sebaiknya, Anda langsung datang ke peternakan untuk melihat sendiri kondisi kambing yang akan dibeli. Tanyakan juga berapa umur dan riwayat kambing tersebut.

 

 


loading...