Waspada, Kini Banyak Beredar Garam yang Mengandung Plastik


Pertanianku – Garam merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang digunakan untuk memasak. Hampir semua makanan yang kita konsumsi menggunakan garam sebagai salah satu bumbunya.

Garam juga menjadi salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Namun, tahukah Anda belum lama ini beredar kabar bahwa garam mengandung plastik yang sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa garam laut yang dipanen dari lautan terkontaminasi dengan plastik. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Mereka menemukan jejak plastik di garam laut untuk dijual di Amerika Serikat, Cina, dan di seluruh Eropa, menurut sebuah penelitian baru yang secara eksklusif diterbitkan oleh Guardian.

Plastik itu adalah hasil sampah di lautan yang terbelah dan berakhir di makanan kita, termasuk ikan. Penelitian tersebut dipimpin oleh Sherri Mason, profesor di Universitas Negeri New York di Fredonia, yang memeriksa mikroplastik dalam garam, bir, dan air minum.

“Plastik tidak hanya meresap dalam masyarakat kita dalam hal penggunaan sehari-hari, tapi juga meresap di lingkungan,” jelasnya.

Dalam penelitian, mereka melihat 12 jenis garam laut, termasuk 10 jenis yang dijual di toko kelontong Amerika Serikat.

Menurut penelitian tersebut, seseorang yang mengonsumsi jumlah garam yang disarankan, mereka mungkin menelan lebih dari 660 partikel plastik setiap tahunnya. Sayangnya, belum ada informasi tentang efek plastik dalam makanan.

Baca Juga:  Buaya Muara Tertangkap di Halaman Rumah Warga
loading...
loading...