Waspada, Konsumsi Stroberi Jangan Berlebihan! Ini Efek Sampingnya!


Pertanianku – Stroberi merupakan buah yang berwarna merah menggoda ini masuk ke dalam keluarga beri-berian. Buah ini juga terkenal memiliki zat anti-oksidan yang sangat tinggi. Itu sebabnya makan buah stroberi akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti dapat menangkal serangan radikal bebas, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah kanker.

Meski sehat, Anda ternyata tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi stroberi. Menurut penelitian yang dilansir dari livestrong.com, makan banyak buah stroberi bisa memancing gatal-gatal di kulit atau yang dalam istilah medis disebut dengan urtikaria.

“Stroberi ternyata adalah makanan yang mampu memicu munculnya gatal-gatal di kulit sama seperti ketika Anda makan kacang-kacangan, makanan laut, maupun telur. Selain gatal, reaksi lainnya yang muncul adalah kulit bengkak serta terbentuknya bercak di kulit,” ungkap sang peneliti.

“Berbeda dengan makanan pemicu alergi lainnya yang dikonsumsi hanya dalam jumlah sedikit langsung bikin kulit gatal, dibutuhkan banyak buah stroberi untuk memancing alergi dengan reaksi yang muncul tak lebih dari 2 jam setelah dikonsumsi,” tambahnya.

Penelitian yang dilansir dari University of Maryland Medical Center menambahkan bahwa sekitar 4—8% anak-anak dan 2% orang dewasa yang mengalami alergi akan buah stroberi. “Jika orang tuamu memiliki riwayat alergi, maka peluangmu untuk mengalami alergi akan berkisar sebanyak 75%.”

Lantas, apa obat untuk mengobati gatal-gatal karena alergi akibat makan stroberi? Serangan gatal ini bisa pergi dengan sendirinya. Namun, untuk meringankan gejala yang tidak menyenangkan seperti sakit kepala dan bengkak, Anda bisa mengonsumsi obat antihistamin yang bisa menenangkan peradangan yang terjadi. Selain itu, cobalah untuk berendam dengan air suam-suam kuku dan mengenakan pakaian longgar setelahnya.

Baca Juga:  Keunggulan Pamelo Merah yang Tidak Dimiliki Jenis Pamelo Lainnya
loading...
loading...