Waspada, Penyakit Cabai yang Sering Datang Saat Musim Hujan

Pertanianku— Pohon cabai yang ditanam saat musim hujan biasanya akan memiliki banyak masalah karena serangan penyakit dan hama. Petani cabai harus lebih waspada dan melakukan pemantauan yang lebih ketat untuk menghindari tanaman dari penyakit cabai yang merugikan. Berikut ini beberapa penyakit cabai yang biasanya dijumpai pada musim hujan.

penyakit cabai
foto: pertanianku

Penyakit patek

Nama lain dari penyakit patek adalah antraknosa, penyakit ini sangat ditakuti oleh petani karena bisa menyebabkan gagal panen. Pohon yang terkena serangan patek ditandai dengan adanya bercak hitam yang akan menjadi busuk lunak. Serangan yang berat bisa menyebabkan buah keriput dan mengering seperti jerami. Patek disebabkan oleh cendawan Colletotrichum capsici dan Gloesporium piperatum.

Loading...

Penyakit ini bisa dikendalikan dengan merendam benih ke dalam air panas yang bersuhu 55°C selama setengah jam atau rendam benih ke dalam fungisida. Jika terlihat ada buah yang terserang patek, segera panen dan bakar buah tersebut. Anda bisa mengendalikan penyakit ini dengan fungisida Custodia sebanyak 1—2 ml/l lalu dicampur dengan Macoban dengan konsentrasi 2,5 gram/l.

Bercak bakteri

Penyakit bercak bakteri biasanya menyerang daun, buah, dan cabang tanaman di musim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas compestris. Tanaman yang terserang penyakit ini ditandai dengan adanya bintik-bintik yang mendalam pada bagian daun, buah, dan batang. Jika permukaan daun dibalik, akan terlihat lingkaran bercak hitam yang di dalamnya berwarna putih.

Serangan yang parah bisa menyebabkan permukaan daun bagian atas terasa kasar dan bercak kuning.

Penyakit bercak bakteri bisa dikendalikan dengan merendam benih ke dalam air yang sudah dicampur dengan bakterisida Agrept 1,2 gram/l selama 4—6 jam sebelum disemai. Jaga sanitasi kebun dengan rajin membersihkan sampah daun dan sampah lainnya di sekitar pohon cabai, lalu bakar sampah tersebut.

Baca Juga:  Tantangan Petani di Tengah Pandemi dan Resesi Ekonomi

Layu fusarium

Layu fusarium biasanya menyerang tanaman cabai yang ditanam di tanah ber-pH masam. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Fusarium axysporium f. Tulang daun sebelah atas terlihat memucat dan diikuti dengan menunduknya tangkai. Selain itu, akan terlihat cincin cokelat kehitaman dan diikuti dengan busuk basah pada berkas pembuluh.

Penyakit ini bisa dikendalikan dengan pengapuran tanah sebelum digunakan. Buanglah kelebihan air agar tidak menggenangi permukaan tanah. Celupkan bibit yang akan ditanam ke dalam fungisida Remzole.

Loading...
Loading...