Waspada! Ribuan Orang Terinfeksi dari Mengonsumsi Air Minum Kemasan


    Pertanianku – laporan dari Departemen Kesehatan di Catalonia, Spanyol, menyatakan bahwa ribuan orang di Spanyol baru-baru ini menderita sakit akibat virus yang diduga dari air dalam kemasan botol.

    Waspada! Ribuan Orang Terinfeksi dari Mengonsumsi Air Minum Kemasan

    Lebih dari 4.100 orang di wilayah menderita muntah-muntah dan diare yang merupakan gejala dari kuman perut norovirus. “Ada kemungkinan norovirus mencemari sumber air tersebut,” ungkap Benjamin Chapman, pakar keamanan pangan dari North Carolina State University.

    Penyakit tersebut terjangkit dari air kemasan botol yang terkontaminasi di kantor. Air tersebut juga didistribusikan ke ribuan perusahaan di kota Barcelona dan Tarragona. Dalam kasus ini, air pegunungan yang dipakai berasal dari Andorra, desa kecil yang berlokasi di pegunungan Pyrenees antara Spanyol dan Perancis. Diketahui, norovirus menyebar melalui tinja. Pada wabah sebelumnya, air minum kemasan dapat tercemar ketika ada bocoran limbah yang masuk ke sumber air.

    “Air bisa menjadi sumber patogen yang baik. Karena wabah di Spanyol ini terbilang besar, kemungkinan memang berasal dari sumber air, meski begitu, tak dipungkiri bisa juga pencemaran terjadi di pabrik pengemasan,” tutur Chapman.

    Baca Juga:  Inilah Jenis-jenis Ikan Mas Koki yang Sering Diburu
    loading...
    loading...