Waspadai Kehadiran Kupu-kupu Penusuk Buah Mangga

Pertanianku — Meskipun kupu-kupu memiliki sosok yang indah, ada beberapa jenis kupu-kupu yang menjadi hama bagi pohon mangga, seperti kupu-kupu penusuk buah mangga (Othresis fullonica L., Syn. Ophidereoys fullonicaL.).

kupu-kupu penusuk buah mangga
foto: pertanianku

Kupu-kupu penusuk buah mangga akan menyerang tanaman buah-buahan lainnya seperti buah belimbing manis, srikaya, anggur, tomat, pisang, nanas, jeruk, jambu mete, dan jambu biji. Kupu-kupu jenis ini akan menyerang buah dengan cara menusukkan bagian tubuhnya dan mengisap cairan dari buah mangga.

Pada satu buah mangga yang terserang kupu-kupu penusuk bisa terdapat 20—25 tusukan. Bekas tusukan tersebut dapat menjadi sumber infeksi penyakit sehingga menyebabkan buah busuk dan rontok. Jika sudah seperti ini, Anda akan mengalami kerugian.

Loading...

Kupu-kupu penusuk buah mangga bersayap dengan bentang sekitar 609 cm, warna dasar perut dan sayap bagian belakang berwarna kuning oranye dengan bercak hitam. Pada bagian wajah tampak lebih muda dan bercorak bagus. Kupu-kupu ini akan bertelur setelah 10 hari keluar dari kepompong.

Telur akan diletakkan di permukaan bawah daun inang dan disusun satu persatu. Daun inang dari kupu-kupu ini adalah keno (Euphorbia hirta L.) dan daun sangketan (Achyranthee aspera L.) yang biasanya tumbuh liar di sekitar kebun.

Kupu-kupu dapat menghasilkan telur hingga 150 butir selama masa hidupnya selama 10 minggu. Telur yang baru saja dihasilkan akan menetas setelah 3—4 hari kemudian. Larva kupu-kupu akan hidup pada pohon inangnya. Larva yang masih muda biasanya akan berwarna hijau, semakin tua ulat akan berubah warna menjadi hitam dan ungu. Selanjutnya, ulat akan mengalami fase kepompong selama 9—32 hari. Setelah itu, akan menghasilkan kupu-kupu.

Hama kupu-kupu penusuk buah mangga dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kebun, mencabuti rumput-rumputan, semak-semak, dan tanaman liar yang berpotensi menjadi tumbuhan inang bagi kupu-kupu untuk tempat berkembang biak.

Baca Juga:  Pemberian Air untuk Tanaman Buah Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan

Lakukan pengasapan untuk mengusir kupu-kupu yang mendekati mangga. Pengasapan dapat dilakukan pada sore hari selama 2—3 jam. Semprot pohon dengan insektisida organik. Atau, Anda bisa racik pestisida alami. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 kg bawang putih atau bawang merah dan 1 liter air.

Bawang putih atau merah ditumbuk dan ditambahkan dengan air. Aduk rata ramuan tersebut dan saring. Sebanyak 1 gelas cairan diencerkan dengan 10 iter air. Lalu, semprotkan racikan tersebut pada tanaman mangga.

Loading...
Loading...