Waspadai Penyebab Ayam Stres

Pertanianku — Ayam dan hewan lainnya juga bisa mengalami stres seperti manusia. Ada banyak penyebab ayam stres yang tidak disadari oleh peternak. Ternak yang stres akan mengalami penurunan performa serta penampilan. Jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan, ayam bisa berpotensi mati dan menyebabkan kerugian untuk peternak. Oleh karena itu, peternak wajib mewaspadai penyebab ternak menjadi stres.

ayam stres
foto: pertanianku

Salah satu cara jitu mencegah stres adalah melakukan manajemen pemeliharaan yang benar dan sesuai dengan standar. Berikut ini beberapa penyebab ayam stres yang sering dialami oleh para peternak.

Kondisi brooding buruk

Loading...

Kondisi suhu di dalam brooding yang tidak sesuai dengan ayam akan membuat ayam menjadi stres. Suhu tersebut bisa disebabkan oleh kondisi kandang yang kurang baik atau sedang mengalami cuaca yang dingin. Anda bisa menggunakan tirai untuk menjaga suhu di dalam kandang agar tetap stabil.

Sanitasi yang buruk

Lingkungan di dalam dan di luar kandang harus baik. Pastikan di dalam kandang tidak terjadi kontaminasi yang dapat menyebabkan ayam sakit. Kontaminasi bisa disebabkan oleh penggunaan litter bekas yang bisa menjadi media perantara berbagai macam agen penyakit.

Tingkat kepadatan yang tinggi

Tingkat kepadatan di dalam kandang tidak boleh terlalu tinggi atau melebihi standar. Hal ini bisa menyebabkan ayam menjadi berkompetisi untuk mendapatkan pakan, air minum, dan oksigen. Akibatnya, ada ayam yang tidak bisa mendapatkan pakan dengan baik sehingga mengalami gangguan pertumbuhan dan stres.

Suhu ekstrem

Penyebab stres bukan saja datang dari kesalahan teknis, melainkan juga bisa disebabkan oleh faktor cuaca. Suhu yang ekstrem sangat berpotensi menyebabkan ayam menjadi stres.

Penanganan yang kasar

Ayam yang mendapatkan perlakuan kasar pada saat penanganan, penimbangan, seleksi, vaksin, serta pengangkutan bisa berpotensi mengalami stres. Selain itu, penanganan yang kasar dapat menimbulkan luka fisik pada tubuh ayam. Luka tersebut bisa menjadi cikal bakal penyakit lain yang disebabkan oleh jamur, virus, dan bakteri.

Baca Juga:  Aneka Jenis Tempat Pakan Ayam

Pemotongan paruh yang asal

Ada beberapa peternak yang memotong paruh ayam untuk menghindari sifat kanibalisme ayam. Namun, pemotongan paruh harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak menyakiti agar ayam tidak merasakan sakit, baik saat dipotong maupun setelah dipotong. Proses pemotongan yang asal-asalan dapat menyebabkan stres.

Loading...
Loading...