Waspadai Penyebab Burung Kenari Lumpuh

Pertanianku — Salah satu momok bagi hobiis yang memelihara burung kenari adalah kelumpuhan yang datang tiba-tiba. Kelumpuhan tersebut sulit disembuhkan dan biasanya banyak yang membiarkan keadaan seperti itu terus berlangsung hingga burung mati. Bagi Anda yang akan memelihara kenari, sebaiknya kenali penyebab burung kenari lumpuh. Hal ini bermanfaat untuk mencegah kelumpuhan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

burung kenari lumpuh
Foto: Pixabay

Sakit yang berkelanjutan

Sakit yang berkelanjutan biasanya disebabkan oleh penyakit tersebut sulit disembuhkan atau cara penanganan yang dilakukan kurang baik. Kondisi tersebut dapat menyebabkan burung kenari menjadi lumpuh.

Tentunya, pencegahan untuk penyebab ini adalah mempercepat penyembuhan penyakit. Penyakit yang diderita burung kenari dapat sembuh bila Anda melakukan perawatan dengan cara yang baik dan tepat. Selain itu, Anda juga perlu mencegah serangan penyakit. Justru, tindakan pencegahan penyakit menjadi langkah awal untuk meminimalisir dampak kelumpuhan dari sakit yang berkelanjutan.

Cuaca buruk

Kondisi cuaca yang buruk dan perubahan cuaca yang terjadi secara mendadak bisa menjadi penyebab kelumpuhan selanjutnya yang perlu diwaspadai. Kondisi cuaca buruk sering terjadi bersama dengan embusan angin yang terus-menerus dan berlebihan. Pada malam hari angin terasa terlalu dingin.

Saat cuaca buruk sedang terjadi, Anda perlu menghindari burung dari angin yang berlebihan dengan cara menutup sangkar menggunakan kain. Letakkan sangkar pada ruangan yang terang.

Kualitas pakan kurang baik

Kualitas pakan yang buruk juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada burung kenari. Pasalnya, kandungan gizi di dalam pakan tersebut tidak lengkap sehingga daya tahan tubuh kenari terus mengalami penurunan. Untuk itu, Anda perlu memberikan pakan yang bervariasi dan vitamin secara berkala.

Gangguan lingkungan

Gangguan lingkungan yang datang secara mendadak dapat membuat kenari terkejut. Tak jarang, saat terkejut burung terjatuh ke tanah. Kejadian ini kemungkinan besar dapat membuat burung lumpuh. Oleh karena itu, Anda harus menjaga burung dari gangguan lingkungan yang dapat membuat kenari terkejut dan terjatuh secara tiba-tiba.

Baca Juga:  Jenis-jenis Burung Kacer

Burung kenari yang sudah lumpuh akan terlihat kurang stabil ketika bertengger dan sesekali terjatuh dari tenggeran. Selain itu, burung jarang terlihat bergerak dan tidak lincah, tubuhnya sering bergetar, sulit mematuk makanan, dan lebih memilih pojok dasar sangkar.