Website Logistik Pangan Diharapkan Mampu Mengendalikan Stabilitas Logistik Pangan Nasional

Pertanianku — Saat ini hadir website Logistik Pangan yang dapat memudahkan dalam mengatur stabilitas logistik pangan. Website ini memuat data dan informasi yang selalu terbarukan. Data-data tersebut meliputi prognosa neraca pangan, panel harga pangan, monitoring stok pangan, rekomendasi stabilitas pasokan dan harga pangan, aplikasi transaksi online, dan info pendukung lainnya yang berkaitan dengan pangan.

website logistik pangan
foto: pixabay

Website Logistik Pangan ini akan sangat membantu para pengambil kebijakan di tingkat pusat dan daerah,” tutur Kepala Puat Distribusi dan Akses Pangan, Risfaheri, seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Risfaheri menambahkan, website Logistik Pangan ini berguna untuk mengetahui situasi pasokan dan harga pangan pokok strategis, baik secara nasional maupun pada level provinsi. Dengan begitu, para pemangku kepentingan lebih mudah dalam mengambil langkah-langkah antisipatif dan solutif untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di tiap daerah.

Website ini juga membantu para pelaku usaha pangan dalam memahami situasi pasokan dan harga pangan tingkat nasional dan di berbagai wilayah. Oleh karena itu, website ini diharapkan dapat mempermudah pelaku usaha melakukan perdagangan antarwilayah.

Di dalam website ini Anda bisa melihat data dan informasi pemasok/penyedia bahan pangan serta jasa transportasi logistik. Hal lain yang tidak kalah menaik ialah adanya aplikasi untuk transaksi online melalui marketplace PasTani Grosir yang langsung terhubung. Aplikasi ini memudahkan pemasok/penyedia bahan pangan bertransaksi langsung dengan pembeli/pedagang dalam skala besar tanpa melalui perantara.

Masih melansir dari laman yang sama, Plt. Kepala BKP, Sarwo Edhy, menjelaskan, stabilitas pasokan dan harga pangan merupakan masalah pokok yang menjadi isu krusial. Permasalahan ini harus terkendali secara optimal dengan berkoordinasi bersama pihak-pihak terkait.

Baca Juga:  Asia Organic Youth Forum 2021, Cetak Petani Organik Milenial di Asia

Sarwo Edhy menerangkan, sejalan dengan amanat UU No. 18/2012, pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok di tingkat produsen dan konsumen, serta mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat, rumah tangga, dan perseorangan.

Website Logistik Pangan dapat diakses oleh masyarakat di https://logistikpangan.id. Melalui upaya yang telah dilakukan BKP Kementerian Pertanian diharapkan asimetris informasi terkait situasi pangan bisa dihindarkan sehingga dapat mencegah spekulasi dan disparitas harga yang tinggi antara konsumen dan produsen, serta antarwilayah.