Wow, Biji Durian dapat Diolah Menjadi Bioplastik


Pertanianku – Biji durian yang selama ini terbuang sia-sia menjadi sampah ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan plastik organik atau bioplastik. Inovasi ini dilakukan oleh sekelompok mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM).

Wow, Biji Durian dapat Diolah Menjadi Bioplastik

Annisa Fahria Rofi, salah seorang anggota tim peneliti, menuturkan, “biji durian lebih efektif sebagai bahan plastik ketimbang sejumlah bahan organik lain. “Sebab, kadar tepung pati di biji durian mencapai 50% dari berat total, sedangkan singkong mengandung kadar pati 20% dari berat total. Inilah yang memengaruhi cepatnya penguraian,” jelas Annisa.

Menurut Annisa, tepung pati selama ini dianggap sebagai bahan organik yang potensial sebagai bahan dasar plastik. Kadar pati yang tinggi pada biji durian menyebabkan barang limbah ini layak untuk menjadi alternatif pada produksi plastik organik. Annisa mengklaim, plastik dari tepung biji durian buatannya jauh lebih kuat. “Plastik ini bisa pula bertahan sampai titik didih 100 °C,” tuturnya.

Annisa dan timnya tidak membuat plastik dengan bahan murni dari pati biji durian saja. Mereka mencampurkannya dengan zat kimia yang biasa dipakai pada pembuatan bahan plastik biasa, yakni low density polyethylene (LDPE). Kadar campuran maksimal 40% pati biji durian dan selebihnya bahan kimia. Hasil uji laboratorium yang dibuat membuktikan plastik dari biji durian ini mampu lebih cepat menyerap air ketimbang plastik biasa, meski daya serapnya hanya 0,01 mililiter per hari.

Baca Juga:  Nugget Pisang, Inovasi Makanan Kekinian Generasi Millenial
loading...
loading...