Wow, di Kolombia Terdapat Pohon Palem Tertinggi di Dunia

Pertanianku – Pohon palem biasanya digunakan sebagai hiasan baik untuk pekarangan rumah atau taman. Pohon palem yang satu ini sangat berbeda dengan pohon palem pada umumnya yang biasa kita jumpai di Indonesia. Di Kolombia terdapat pohon palem yang telah dinobatkan sebagai pohon palem tertinggi di dunia.

Wow, di Kolombia Terdapat Pohon Palem Tertinggi di Dunia

Pohon tersebut adalah palem lilin atau yang disebut dengan palma de cera merupakan sebuah pohon yang hanya tumbuh di Kolombia tepatnya di lembah Cocora Valey, Kolombia Barat. Dilansir dari Amusingplanet, pohon ini memiliki ketinggian yang luar biasa yaitu mencapai 50–70 meter.

Loading...

Pohon palem ini memiliki umur yang cukup panjang yaitu hingga 120 tahun. Jika sudah mencapai umur tersebut, biasanya pohon akan mengalami kerusakan dan pada akhirnya pohon akan tumbang. Tak hanya indah untuk dipandang, namun pohon ini juga memiliki manfaat yang luar biasa. Bagian dalam dari pohon ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sabun mandi ataupun lilin.

Pohon Palem ini banyak terdapat di hulu Sungai Quindio sebagai sungai utama pada ketinggian antara 1800 hingga 2400 meter. Lembah ini juga merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Los Nevados yang mencakup beberapa wilayah Kolombia dan berukuran sekitar lebih dari 60.000 km persegi.

Lembah ini dimasukan sebagai bagian dari Taman Alam Nasional Los Nevados oleh pemerintah Kolombia. Lembah Cocora adalah lokasi utama dari pohon nasional dan merupakan simbol Kolombia. Beraneka ragam flora dan fauna lain terdapat disana yang semuanya dilindungi dalam status Taman Nasional.

Lembah Cocora ditandai oleh cuaca yang hangat, karena ketinggiannya. Angin barat berlaku dari Samudra Pasifik dihentikan oleh pegunungan Andes, menciptakan lingkungan yang lembab menguntungkan bagi pertumbuhan hutan awan pada ketinggian yang lebih tinggi, hujan turun hampir setiap hari.

Suhu bervariasi secara dramatis, bahkan dalam satu hari terus berubah. Suhu rata-rata tahunan adalah 15 derajat Celcius, dengan maksimum 25 derajat Celcius dan minimum -2 derajat Celcius.

Lembah Cocora dan kota terdekat dari Salento adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Kolombia. Mayoritas pengunjung melakukan kunjungan dari Salento atau datang untuk berkemah dan hiking di lembah tersebut.

Loading...
Loading...