Wow, Jamur ini Mampu Atasi Nyeri Sendi!

Pertanianku – Tahukah Anda apa itu jamur kombucha? Dari namanya saja terdengar asing bukan? Jamur kombucha adalah jamur yang berasal dari Asia Timur dan tersebar hingga ke Jerman dan Rusia sekitar abad ke-20. Ternyata jamur ini bukan sembarang jamur biasa melaninkan dapat dijadikan obat berbagai macam jenis penyakit.

Wow, Jamur ini Mampu Atasi Nyeri Sendi!

Jamur kombucha merupakan membran jaringan-jamur yang bersifat gelatinoid dan liat. Jamur ini berbentuk piringan datar. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yang tumbuh dengan cara germinasi. Pada mulanya, piringan jamur tumbuh meluas pada permukaan teh lalu menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat dan sehat, sehingga akan hidup sepanjang umur pemilik serta keturunannya.

Loading...

teh kombucha merupakan minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 8–12 hari.

Jamur kambucha merupakan gabungan dari dua kata yaitu “kambu” dan “cha”. Kambu sendiri adalah nama seorang tabib yang berasal dari korea selatan sedangkan kata cha berarti teh dalam bahasa cina.

Di Indonesia sendiri jamur kaombucha lebih sering dikenal dengan istilah jamur dipo atau jamur benteng. Untuk mendapatkan jamur kombucha ini memang masih agak sulit ya namun bisa dipesan pada toko-toko herbal yang memang menyediakan jamur kombucha ini.

Manfaat jamur kombucha untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan sendi dan tulang. Seperti penyakit rematik, asam urat, pengeroposan tulang atau osteoporosis, lordosis, encok, pegal linu dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat jamur kombucha ini tidak bisa Anda dapat mengonsumsinya secara langsung. Anda harus membuatnya menjadi teh jamur kombucha. Kombinasi dari jamur kombucha dan teh ini akan menghasilkan perpaduan yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri berikut langkah-langkahnya.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Maag yang Mudah Dibuat

Bahan yang diperlukan

  • Jamur kombucha yang sudah dijadikan ragi
  • 100 gram gula pasir
  • 1 liter air
  • Teh sebanyak 2 sendok (teh apa saja)

Cara membuatnya.

  • Cara membuatnya sama seperti membuat teh pada umumnya dengan mencampurkan air panas, teh dan gula.
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu saring teh supaya bersih dan kemudian masukan gula pasir sebanyak 10% dari air seduhan teh tersebut kemudian diaduk.
  • Setelah itu, diamkan sampai dingin namun jangan sampai melebihi 25 derajat celcius, karena ragi kombucha bisa mati bila pada suhu panas. Pastikan tidak ada debu atau hewan serangga yang masuk ke dalamnya.
  • Kemudian jamur kombucha dimasukkan, tutup toples rapat-rapat sampai kurang lebih 8 hari. Setelah itu anda bisa mengambil kembali jamur kombucha dan Anda bisa meminum teh hasil fermentasi dari jamur kombucha tersebut.
  • Anda bisa menjadikan teh ini sebagai persediaan ketika anda dan keluarga atau kerabat mengalami gangguan kesehatan.
Loading...
Loading...