Wow, Menakjubkan, Pantai Jadi Tempat Menggembala Sapi


Pertanianku – Nelayan di Desa Pasar Sebelah, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memanfaatkan lahan sepanjang pinggir pantai di wilayah itu menjadi ladang penggembalaan sapi peliharaannya.

Wow, Menakjubkan, Pantai Jadi Tempat Menggembala Sapi

“Warga di wilayah itu, selain bekerja sebagai nelayan, juga beternak sapi yang dilepasliarkan di ladang penggembalaan di pinggir pantai,” jelas Kepala Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko, Tabrani di Mukomuko, seperti dilansir Antaranews.

Tabrani menyebutkan, saat ini tidak kurang dari sebanyak 700 ekor sapi milik nelayan dan warga setempat yang dilepasliarkan di ladang penggembalaan sepanjang pinggir pantai di wilayah tersebut.

Sebagian besar pemilik hewan ternak ini, katanya, melepasliarkan peliharaannya di ladang ini sampai sore hari. Setelah itu, sapinya dibawa pulang ke kandang.

Tabrani mengatakan ada juga sebagian nelayan setempat yang membangun kandang hewan peliharaannya di pinggir pantai di wilayah itu. Menurut dia, karena terlalu banyak yang membangun kandang sapi di ladang penggembalaan ini sehingga sulit bagi pemiliknya untuk mengenali hewan ternaknya itu.

Nelayan di wilayah itu tidak hanya memelihara sapi, termasuk juga menanam padi di sawah. Mereka mencari pekerjaan sampingan untuk mengantisipasi ketika tidak bisa melaut akibat gelombang tinggi. Selain menangkap ikan di laut, nelayan setempat juga rutin menangkap udang dan kepiting di hutan bakau di wilayah itu.

Baca Juga:  Kapal Ternak Miliki Prospek untuk Wujudkan Swasembada Sapi
loading...
loading...