Wow, Nelayan di Daerah Ini Mencari Ikan Menggunakan GPS!

Pertanainku – Di era digital saat ini banyak teknologi yang dapat digunakan. Seperti para nelayan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu ini telah menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) guna mencari posisi berkumpulnya para ikan di laut. Luar biasa bukan?

“Mayoritas nelayan Desa Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya menggunakan GPS untuk mencari posisi berkumpul ikan,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat.

Selain itu, katanya, sebagian nelayan di Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Ipuh, dan Kecamatan Air Rami juga menggunakan GPS sebagai pedoman mereka untuk menentukan lokasi berkumpul ikan.

Meski belum seluruh nelayan di daerah itu yang menggunakan GPS saat melaut, Rahmad mengatakan bahwa fungsi dari GPS ini sendiri agar nelayan dapat dengan mudah mengetahui posisi rumpon. Sebab, saat pemasangan rumpon itu memakai titik koordinat.

“Kalau mereka tahu posisinya, nelayan bisa mancing di lokasi berkumpul ikan yang rumpon. Dan hasil yang mereka peroleh pun jauh lebih banyak. Kalau tidak pakai GPS maka mereka akan sulit untuk mencari posisi ikan,” ungkapnya.

loading...
loading...