Wow, Peternak Ini Dapatkan Rp20 Juta dari Ayam Serama


Pertanianku –  Ayam serama merupakan ayam yang memiliki postur tubuh mungil. Ayam ini sekilas mirip dengan ayam kate. Namun, ayam serama mempunyai badan yang tegap dengan dada membusung.

wow-peternak-ini-dapatkan-rp20-juta-dari-beternak-aym-serama

Ayam yang berasal dari Malaysia ini memiliki penggemar yang tidak sedikit di Indonesia. Terlebih saat ini banyak kontes diadakan di kota-kota besar. Oleh karena itu, pangsa pasar ayam ini terbuka luas. Beternak ayam hias satu ini tentu menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan.

Peternak ayam serama yang telah sukses menggeluti bisnis ini adalah Akmal Pasya, seorang warga asal Sumatera Selatan. Ia menjalankan bisnis ayam serama dengan pendapatan yang cukup fantastis, yakni Rp20 juta per bulannya.

“Pendapatan dari beternak ayam serama ini mencapai Rp15 juta—Rp20 juta dari penjualan ayam anakan, remaja, dan indukan,” ujar Akmal seperti dilansir dari Kompas (14/11).

Namun, menurutnya, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kualitas ayam serama yang dijual.

Sebagian pendapatan yang dihasilkan, ia belikan ayam serama impor untuk dijadikan indukan. Hal ini dilakukan agar anakan ayam serama memiliki kualitas bagus.

Peternak lainnya yang juga sukses beternak ayam serama adalah Didie yang telah tiga tahun menjalankan bisnis ternak ayam serama. Yang membuat Didie tertaruk untuk beternak ayam serama karena tingkah laku ayam ini sangat lucu ditambah dengan postur tubuhnya yang sangat unik dibanding ayam jenis lainnya.

Selain itu, menurut Didie, pendapatan dari beternak ayam serama pun tidak sedikit. Sebab, anak ayamnya saja yang berumur tiga minggu bisa dibanderol dengan harga jutaan rupiah, tergantung kualitas ayam tersebut.

Menurut Didie, memelihara ayam serama tidaklah susah, sama seperti memelihara ayam kampung. Namun, perlu perawatan ekstra, yakni dari kebersihan kandang sampai pakan yang diberikan. Selain itu, saat musim hujan, ayam harus ekstra dirawat karena rawan terkena penyakit.

Baca Juga:  Tertarik untuk Ternak Ayam Kampung? Ikuti Langkah Mudah Ini!

Bagaimana, tertarik beternak ayam serama?

loading...
loading...