Wow! Prospek Bisnis Cacing Sutera Ternyata Begini

Pertanianku — Cacing sutera dibutuhkan oleh para pembudidaya ikan air tawar. Permintaan ikan tawar yang tidak pernah turun membuat permintaan cacing sutera juga tidak pernah turun. Namun, sayangnya ketersediaan cacing ini masih belum stabil. Masyarakat cenderung lebih sering memanfaatkan cacing sutera yang mereka tangkap dari alam dan masih sedikit pelaku bisnis cacing sutera.

bisnis cacing sutera
foto: pertanianku

Cacing sutera merupakan jenis pakan alami yang paling sering digunakan dalam budidaya ikan tawar. Pemberiannya dilakukan dalam keadaan segar atau masih hidup. Daya tahan cacing ini terbilang cukup tinggi sehingga mampu dibudidayakan di perairan manapun termasuk pada air yang tercemar.

Nutrisi yang terkandung dalam cacing sutera berguna untuk menunjang pertumbuhan ikan, misalnya saja kandungan protein yang sangat tinggi sekitar 57 persen. Kandungan nutrisi yang tinggi membuat cacing ini menjadi primadona pakan alami. Selain menjadi pakan alami ikan air tawar konsumsi, cacing ini juga dapat menjadi pakan alami untuk ikan hias di akuarium.

Loading...

Saat ini pasokan cacing sutera masih bergantung dari hasil tangkapan di alam. Padahal, budidaya cacing sutera tidak terlalu susah jika Anda sudah paham cara untuk membudidayakan. Namun, memang dalam membudidayakan cacing sutera membutuhkan perhatian khusus dan ketelatenan agar berhasil. Selain itu, Anda membutuhkan informasi tepercaya mengenai prospek bisnis tersebut.

Salah satu sumber informasi tepercaya mengenai prospek bisnis cacing sutera adalah buku Bisnis Sampingan Untung Jutaan dari Beternak Cacing Sutera di Pekarangan terbitan Penebar Swadaya. Sebab, buku ini ditulis langsung oleh praktisi atau pelaku bisnis cacing sutera. Oleh karena itu, buku ini membahas secara lengkap prospek bisnis cacing sutera di pekarangan. Mulai dari proses budidaya hingga analisis bisnis dan pemasarannya.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kolam dari Drum

Persediaan cacing yang hanya berasal dari tangkapan alam sebenarnya tidak mampu untuk memenuhi seluruh jumlah permintaan dari pasar. Selain itu, kualitas cacing sutera yang berasal dari alam cenderung memiliki kualitas yang rendah dan terkadang membawa bibit penyakit.

Cacing yang ditangkap dari alam akan dicuci dahulu sebelum diberikan untuk pakan ikan. Cacing tersebut dicuci dalam larutan methylene blue, padahal larutan tersebut kurang bagus untuk digunakan dalam proses budidaya ikan.

Cacing sutera yang dibudidayakan akan memiliki kualitas baik, kebersihan dan kesehatan yang sudah terjamin, serta umur panen dan ukuran cacing seragam. Oleh karena itu, permintaan terhadap cacing hasil budidaya jauh lebih tinggi.

Kendala tersebut merupakan peluang usaha yang besar untuk Anda memulai budidaya cacing sutera. Kebutuhan pasar masih sangat besar, sedangkan pasokan cacing sutera hasil budidaya masih sedikit. Jika Anda masih ragu bagaimana cara yang benar dan tepat, Anda dapat membaca buku Bisnis Sampingan Untung Jutaan dari Beternak Cacing Sutera di Pekarangan. Setelah sudah yakin, tunggu apalagi untuk memulai?

 

Loading...
Loading...