Wow! Ternyata Jangkrik Mulai Dikonsumsi di Amerika

Pertanianku — Biro Pengawas Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat (FDA) mengizinkan beberapa macam serangga untuk dikonsumsi oleh manusia dalam bentuk kemasan, salah satunya adalah jangkrik.

jangkrik
foto: pertanianku

Di Amerika Utara, Ontario, Kanada, berdiri sebuah perusahaan Next Millenium Farms yang merupakan industri pertanian pertama yang melakukan budidaya serangga seperti jangkrik. Serangga-serangga yang dibudidayakan ini akan dikonsumsi oleh manusia. Jangkrik yang diproduksi oleh perusahaan ini dipanen dalam beberapa minggu saja, bebas dari kandungan antibiotik dan pestisida, serta bebas dari bahan-bahan kimia lainnya.

Alasan dibolehkannya jangkrik untuk dikonsumsi warga Amerika adalah serangga ini merupakan sumber protein yang baik untuk manusia. Oleh karena itu, perusahaan Next Millenium Farms pun tidak ragu untuk membudidayakannya secara serius. Selain bermanfaat sebagai makanan, serangga ini memiliki manfaat yang lebih dahsyat, yaitu berkhasiat sebagai bahan baku kosmetik dan bahan baku obat-obatan.

Loading...

Perusahaan Next Millenium Farms memiliki misi untuk menyediakan sumber protein yang lebih efektif untuk seluruh masyarakat. Dan, jangkrik merupakan sumber protein yang didapuk sebagai solusi dari hal tersebut. Hingga pada akhirnya perusahaan tersebut berganti nama menjadi Entomo Farms, misinya tetap sama, yaitu menghidangkan serangga yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi manusia.

Pemasaran dan sosialisasi jangkrik pun dilakukan oleh para akademisi kepada masyarakat. Salah satunya melalui hasil uji laboratorium jangkrik yang diharapkan mampu membuat masyarakat lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Sekarang sudah banyak aneka olahan jangkrik yang beredar di pasaran seperti dalam bentuk permen yang berbahan tepung jangkrik, dan snack bar.

Seluruh upaya pemasaran dan sosialisasi ini dilakukan mengingat memang bukan budaya warga Amerika Serikat untuk mengonsumsi serangga seperti jangkrik, dan kegiatan ini seperti dianggap tabu oleh masyarakat sekitar. Padahal, nutrisi yang terkandung dalam serangga yang sering mengeluarkan suara pada malam hari ini sangat banyak dan berguna bagi tubuh manusia.

Baca Juga:  Penyebab Kegagalan Peternakan Kambing yang Sering Terjadi

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, manusia hanya perlu mengonsumsi 100 gram tepung jangkrik dalam sehari untuk memenuhi seluruh kebutuhan protein harian dari manusia.

 

 

Loading...
Loading...