Wujudkan Kedaulatan Pangan, Mentan Hentikan Impor Benih dan Bibit


Pertanianku – Demi mewujudkan kedaulatan pangan dan kemandirian pangan nasional, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berkomitmen untuk menghentikan impor benih dan bibit padi.

Foto: pixabay

“Kalau bisa, kita hentikan impor ini. Kita komitmen, jangan biarkan impor bibit masuk Indonesia,” ungkap Mentan dalam Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI) 2017 hingga 2022 di Jakarta, belum lama ini, seperti melansir dari Republika (23/8).

Mentan Amran mengemukakan bahwa benih dan bibit memiliki peran strategis dalam mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan nasional. Begitu pentingnya, ia menyebut tidak boleh ada kesalahan dalam pengadaan bibit dan benih karena kesalahan akan berujung pada penyesalan.

“Salah benih, penyesalan bisa bertahun-tahun setelah menghasilkan. Kalau di sawit, setelah empat tahun baru penyesalan. Makanya ini sangat penting,” ungkapnya.

Untuk itu, Menteri Amran mendorong sinergi dengan MPPI dalam pengadaan bibit dan benih pangan nasional. Organisasi tersebut dinilai memiliki peran strategis karena memiliki anggota dari berbagai kalangan, mulai dari pelaku usaha hingga birokrat.

“Ke depan rencana pengadaan bibit dan benih pangan kami ingin sinergi dengan MPPI untuk mengawal benih ini,” tutur Mentan.

Baca Juga:  Bagaimana Nasib Petani Garam di Indonesia
loading...
loading...