Yuk, Atasi Hama pada Tanaman Hidroponik dengan Cara Ini


Pertanianku — Salah satu cara menanam yang sedang populer saat ini adalah hidroponik. Walaupun seperti itu, ternyata masih banyak di antara kita yang bingung bagaimana cara mengatasi hama pada tanaman hidroponik.

hama pada tanaman hidroponik
Foto: Pixabay

Namun jangan khawatir, kini Anda tidak perlu lagi bingung untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasi hama pada tanaman hidroponik yang bisa membantu Anda.

  1. Tanaman cacat

Hampir semua petani hidroponik pernah mengalaminya, termasuk petani yang menggunakan cara menanam hidroponik dengan media air. Pada umumnya, tanaman yang cacat lebih disebabkan oleh tanaman terserang hama kutu. Cara mengatasi permasalahan yang disebabkan kutu ini, yaitu Anda bisa membuang atau memusnahkan semua tanaman yang terinfeksi agar penyebarannya terhenti.

  1. Daun berlubang

Daun berlubang sudah menjadi permasalahan umum yang akan dihadapi oleh petani hidroponik. Biasanya, penyakit ini disebabkan adanya serangan ulat. Ada dua cara dalam mengatasi permasalahan ulat ini.

Pertama, periksa semua bagian tanaman dan ambil satu per satu secara manual ulat-ulat yang ada untuk dimusnahkan. Kedua, cara kimiawi, yaitu Anda bisa menyemprotkan cairan kimiawi kepada seluruh bagian tanaman agar bisa memusnahkan ulat-ulat yang ada.

  1. Tangkai busuk

Tangkai busuk lebih sering disebabkan oleh jamur. Cara mengatasinya, yaitu dengan memangkas atau memotong bagian tanaman yang terserang jamur dan memastikan bahwa tanaman hidroponik Anda mendapatkan air yang cukup.

  1. Daun menguning

Cara mengatasi permasalahan daun menguning, yaitu dengan menjauhkan tanaman dari serangan lalat putih serta bersihkan tanaman yang sudah terkena olehnya dengan air hangat dan sabun. Jika ingin menggunakan cara lainnya seperti menggunakan cara kimiawi, Anda bisa menyemprot tanaman dengan Malathion dan Rotenone dua kali dalam satu minggu

  1. Tanaman layu
Baca Juga:  Buat Sendiri Nutrisi Tanaman Hidroponik Sederhana

Permasalahan ini datang dari tungau putih. Akibatnya, tanaman hidroponik Anda bisa menjadi layu dan daun-daun yang ada berguguran. Tungau putih biasanya terlihat pada bagian tanaman yang terinfeksi dengan bentuk seperti tepung. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan semprotan cairan Malathion.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, terkadang tungau putih tidak terlihat, dimana untuk menemukannya Anda membutuhkan kaca pembesar atau loop. Loop ini selain berguna untuk menemukan tungau, juga bisa digunakan untuk mencari tahu apakah tanaman Anda terkena serangan tungau atau tidak.