Yuk Belajar Membantu Kelahiran Anjing


Pertanianku – Pada umumnya anjing ras yang akan melahirkan, apalagi yang baru pertama melahirkan memerlukan bantuan. Anjing ras sudah terbiasa hidup tergantung pada manusia sehingga insting alamnya berkurang atau hilang. Anjing menjadi tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah anaknya lahir. Ada anjing yang sehabis melahirkan membiarkan begitu saja anaknya yang masih terbungkus dengan plasenta. Kalau didiamkan terlalu lama, anak anjing tersebut mati karena tidak bisa bernapas.

Belajar Membantu Kelahiran Anjing

Berbeda dengan anjing yang hidup liar, mereka masih memiliki insting alam. Biasanya menjelang kelahiran , anjing akan mencari tempat bersembunyi. Tempat yang paling ideal untuk anjing melahirkan adalah di bawah tanah. Anjing akan menggali tanah sampai dia bisa masuk dan bersembunyi. Anjing yang memiliki insting alam akan segera merobek plasenta anaknya , menjilati cairan ketuban sehingga anaknya kering, lalu menggigit tali pusat dan memakan ariarinya. Untuk lebih jelas proses kelahiran sebagai berikut.

  1. Setelah bayi keluar segera angkat, pisahkan bayi tersebut supaya mudah dibersihkannya. Ingat, semua plasenta dan ari-ari harus dikeluarkan. Kalau putus, usahakan tarik dengan tisu atau kain supaya tidak licin. Ari-ari boleh diberikan ke induknya untuk dimakan.
  2. Segera robek plasenta yang membungkus bayi. Pegang bayi dengan benar karena cairan ketuban sangat licin. Gunakan kain handukuntuk mengeringkan cairan. Gosokkan handuk dari bagian punggung bayi supaya bayi dapat bernapas dan merasa hangat.
  3. Gunakan alat seperti yang terlihat di gambar 3. Alat ini dapat Anda beli di toko kamera dan gunanya untuk membersihkan debu. Masukan penyedot ke dalam rongga mulut dengan mengempiskan atau menekan bagian balon. Lalu lepas bagian balon supaya alat ini segera mengisap cairan yang ada di mulut. Ingat, jangan mengempiskan alat ini di dalam rongga mulut atau hidung karena akan meniup atau mendorong cairan masuk lebihdalam. Setelah cairan tersedot, segera kembangkempiskan alat ini supaya cairan yang tersedot bisa keluar. Ulangi langkah ini berulang kali sampai cairan ketuban hilang.
  4. Sedot juga cairan yang ada di hidung.

5 . Setelah bayi anjing bernapas dan menangis segera ikat tali pusat dengan benang nilon atau benang jahit operasi. Jangan menggunakan benang jahit.baju karena bisa menyayat. Ikat tali pusat sekitar 0,5 cm dari pangkal lalu gunting tali pusat sekitar 0,5—1 cm dari ikatan benang. Potong tali pusat setelah diikat. Setelah selesai urusan tali pusat, gosok terus bagian punggung bayi anjing dengan handuk. Kalau perlu gunakan tisu untuk mengeringkan cairan yang masih ada di badan. Tempelkan badan bayi di telinga Anda, coba dengar napasnya terdengar bersih atau tidak. Kalau masih terdengar suara cairan seperti orang pilek segera ulangi penyedotan seperti di atas.

  1. Kalau sudah beres, segera berikan madu sedikit saja (kira-kira 1 tetes kecil) supaya bayi anjing mempunyai tenaga dan naluri mengisap. Segera sodorkan bayi tersebut kepada induknya agar mau minum susu. Beberapa saat setelah induk anjing menyusui bayinya biasanya akan segera terjadi kontraksi lagi. Pindahkan bayi anjing ke tempat yang aman selama induknya kontraksi karena akan membahayakan bayi anjing dapat terinjak dan tendang oleh induknya. Jika Anda tidak mampu, segera hubungi dokter hewan terdekat.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...