Yuk Bermain dengan Kucing


Pertanianku – Kucing diciptakan dengan insting berburu. Kucing sangat menyukai kegiatan berburu, terutama saat melihat sesuatu yang bergerak. Bermain akan membantunya berlatih dan semakin mahir dalam berburu. mainan di rumah agar kucing dapat selalu bermain dan berlatih.

Bermain dengan Kucing
Mainan bisa terbuat dari karet, plastik, atau bahan lain yang tidak mudah sobek atau rusak. Contoh mainan ada yang bentuknya menyerupai tikus dan bola kecil yang di dalamnya ada kerincingan. Mainan seperti bulu-buluan tidak bisa dimainkan kucing sendirian karena kuatir tertelan oleh kucing. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mainan-mainan yang seperti itu simpan di tempat yang jauh dari jangkauan kucing.
Mainan kucing dapat dibeli di pet shop. Jenis mainan kucing di antaranya sebagai berikut.
a) Tongkat penggoda (teaser wands).
b) Mainan tikus-tikusan.
c) Gulungan kertas.
d) Mainan yang bisa diayun-ayunkan.
e) Bola-bola dan bulu-buluan.
Jika ingin membuat mainan sendiri,bisa dengan cara bekas gulungan benang diikatkan tali di tengah (bagian lubangnya) sehingga dapat dimajumundurkan; bekas tutup botol/minuman dapat dimodifikasi juga menambahkan benang; tali yang sudah tidak dipakai lagi; bola pingpong yang sudah tak terpakai dan bahan-bahan yang terbuat dari plastik yang sudah tidak diperlukan lagi selama semua bahan tidak berbahaya dan beracun bagi kucing.

  • Bermain dengan Kucing Lain

Jika berniat memberinya waktu untuk bermain, hal lain yang dapat dilakukan adalah menambah jumlah kucing. Peliharalah kucing lebih dari satu ekor. Tujuannya agar mereka bisa bermain-main bersama ketika sepi dan tidak ada mainan. Jika memungkinkan, umurnya sama, sesama kitten misalnya.
Bermain bersama seumurnya akanmembuatnya lebih aman dan tidak membahayakannya. Berbeda dengan anjing, dua ekor kucing tidak akan menambah sulit dalam pemeliharaannya. Bahkan, dapat menekan biaya dan pakannya pun bisa dibagi. Penambahan biaya jika menambah litter tray.

  • Membawa Kucing Berjalanjalan

Bukan hanya anjing saja yang bisadibawa berjalan-jalan, kucing dapat diajak berjalan dengan menggunakan pengikat dan pakaian. Ada baiknya mengajak kucing berjalan-jalan tanpa membahayakan keselamatannya dan terhindar dari mobil, penyakit yang menular melalui kontak langsung.
Berbeda dengan anjing, kucing agak sulit dibawa jalan sambil diikat. Oleh karenanya, jangan mengajak jalan-jalan kucing yang umurnya sekitar 4—5 bulan, kecuali ras yang memang senang berjalan-jalan di luar. Dengan demikian, tidak perlu mengikat kucing, hanya perlu berada di sampingnya dan dia akan mengikuti Anda.

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

loading...
loading...