Yuk Budidaya Ikan Hias Kupu-Kupu


Pertanianku – Bisnis ikan hias sangat menjanjikan, apalagi ragam ikan hias terbaru selalu muncul dan menjadi tren saat ini. Salah satunya adalah ikan hias butterfly fish. Nicholas Kurniawan, salah satu pembudidaya ikan hias termasuk butterfly fish merupakan pebisnis ikan hias skala besar dengan usia termuda di Indonesia, bahkan mampu menjadi eksportir ikan hias ke seluruh dunia. Nicholas pun mengusung nama Venus Aquatics atau CV Venus Aquarium.

Yuk Budidaya Ikan Hias Kupu-Kupu

Ikan hias kupu-kupu ini juga sering disebut masyarakat lokal sebagai ikan Kepe-kepe. butterfly fish umumnya berbentuk agak membulat seperti kupu-kupu. Rata-rata ukuran dewasanya selebar telapak tangan orang dewasa. Tubuhnya dihias beragam corak dan warna yang indah. Banyak eyespots pada panggul dan pita gelap sekitar mata. Corak tubuhnya tidak berbeda jauh dengan corak pada sayap kupu-kupu. Habitat asli ikan ini umumnya di perairan kurang dari 18 meter, meskipun beberapa spesies berada di perairan dalam yang bisa sampai 180 meter. Warna butterfly fish membuat ikan ini menjadi populer sebagai ikan hias akuarium.

“Usaha ikan hias ini cukup menggiurkan. Meski pelaku ikan hias cukup banyak, namun pelaku eksportir ikan hias masih sangat sedikit. Banyaknya pelaku eksportir ikan hias abal-abal membuat Venus Aquatics terus mendapat kepercayaan dari banyak pelanggan dengan terus meningkatkan mutu ikan dan layanan,” ujar Nicholas.

Jenis butterfly fish memiliki harga yang beragam, yakni mulai Rp10 ribu/ekor sampai ratusan ribu rupiah. Beberapa diantara jenis butterfly fish yang ditawarkan adalah kepe gajah yang coraknya berwarna krem bergaris hitam dan pada bagian dekat mulut terdapat alur garis putih seperti gambar gading, Kepe bulan berwarna kuning cerah dengan spot hitam agak besar pada bagian sisi panggul, kepe monalisa memiliki beberapa warna seperti lukisan, Kepe Monyong memiliki ciri khas bentuk mulutnya yang moncong ke depan, tubuhnya memiliki warna dasar putih keperakan dengan garis-garis orange, kepe kalong sisiknya berwarna abu-abu dengan sirip ekor berwarna orange, hitam dan putih, butterfly fish Layaran memiliki bentuk tubuh seperti cakram yang berbentuk bumerang dan warnanya seperti kuda zebra belang hitam putih, dan african butterfly fish dengan warna coklat gelap.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

Selain melayani permintaan dalam negeri, Venus Aquatics juga telah memasarkan ikan hiasnya sampai ke Uni Emirat Arab, Inggris, Jepang, Australia, Bahrain, Malaysia dan Singapura. Guna memanjakan pelanggan, Nicholas memberlakukan sistem garansi untuk ikan hiasnya. Jika ikan yang dikirim mati bisa diganti oleh pihak Venus.

loading...
loading...