Yuk Budidaya Jambu Deli


Pertanianku – Jambu air deli adalah salah satu komoditas pertanian yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan. Selain harganya yang cukup tinggi, antara Rp30.000–Rp40.000/kg. Jambu air deli hijau memiliki kelebihan lain seperti mudah dibudidayakan, memiliki rasa yang manis, bobot buah besar, dan perawatan relatif lebih mudah.

Yuk Budidaya Jambu Deli

 

Jambu air deli hijau banyak dikebangkan di Sumatra Utara terutama di kota Binjai dan Kabupaten Langkat. Salah satu alternatif pengembangan jambu air deli hijau yaitu menanamnya di dalam pot. Menanam jambu air deli hijau ini di dalam pot tidaklah sulit. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Wadah/pot

Pot menjadi salah satu hal utama karena menjadi media bagi pertumbuhan tanaman. Pada prinsipnya, ukuran, dan syarat tumbuh tanaman, pot untuk penanaman jambu air deli hijau dalah yang memiliki ukuran minimal 60×60 cm untuk bentuk persegi, dan untuk yang berbentuk lingkaran, memiliki diameter pada bagian atasnya yaitu sekitar 60 cm juga. Usahakan carilah pot yang kuat sehingga dapat bertahan minimal selama 2–3 tahun.

  1. Media tanam

Media tanam yang baik untuk jambu air deli dalam pot adalah yang banyak mengandung bahan organik. Tanah atau kompos yang digunakan adalah bahan yang steril yang bebas dari cendawan maupun OPT lain yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman nantinya. Usahakan pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang sudah matang dan berasal dari kotoran ungags karena akan berpengaruh terhadap citarasa buah. Perbandingan antara tanah dengan pupuk kandang yaitu 2:1.

  1. Jarak tanam

Jarak tanam pada budidaya jambu air deli hijau dengan sistem tabulampot adalah 2×3 m atau 3×3 m. Jarak tanam yang relatif rapat juga menjadi kelebihan tersendiri pada budidaya jambu air deli hijau karena dalam satu satuan luas dapat ditanamami banyak tanaman jambu air deli hijau.

  1. Perawatan
Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji

Pemupukan dan pengendalian hama menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jambu air deli hijau. Pada umur 1–6 bulan pertama, tanaman membutuhkan banyak unsur N untuk membentuk cabang produktif dan batang yang kokoh. Untuk itu, perlu tambahan pupuk nitrogen yang lebih banyak pada umur 1–6 bulan tersebut. Untuk pengendalian OPT, dilakukan penyemprotan 1 bulan sekali pada musim kemarau dan 1–3 minggu sekali pada saat musim hujan. Beberapa OPT yang sering menyerang jambu air deli hijau adalah ulat, lalat buah, belalang, kutu, dan jamur.

  1. Pasca panen

Untuk menghasilkan buah jambu berkualitas baik, maka perencanaan sejak awal berbunga harus sudah diprogram, mulai dari penjarangan buah, pemilihan bakal buah, sampai kepada pemrongkosan. Pemanenan yang terencana bertujuan untuk mendapatkan buah yang maksimal dan tingkat kematangan yang diinginkan konsumen sehingga sesuai dengan permintaan pasar.