Yuk, Budidaya Tanaman Herba untuk Masakan Western

Pertanianku — Apakah Anda merupakan penggemar masakan western? Tentu Anda familiar dengan beberapa herba seperti oregano, mint, dan rosemary. Anda tak perlu membeli bahan penyedap masakan western tersebut jika ingin membuatnya. Cukup dengan membudidayakan sendiri tanaman herba. Selain sebagai bahan baku masakan, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai tanaman hias.

Mint

tanaman herba
Foto: pixabay

Daun mint sendiri merupakan bahan baku dalam berbagai bahan yang digunakan sehari-hari, mulai dari permen hingga pasta gigi. Daun mint bisa digunakan sebagai penyedap ataupun penghias makanan, terutama hidangan manis. Potongan daun mint yang diletakkan di atas makanan ataupun campuran minuman dapat memberikan sensasi dingin sekaligus estetika.

Loading...

Perawatan yang benar akan menghasilkan herba mint yang tumbuh rimbun, meskipun hanya di dalam pot. Anda bisa memperbanyak tanaman mint dengan berbagai cara, mulai dari setek batang hingga menanam dari biji. Jenis mint sangat beragam dan Anda bisa memilihnya berdasar kebutuhan.

Oregano

tanaman herba
Foto: pixabay

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Origanum vulgare dan sering dijuluki sebagai pot marojam. Di daerah Mediterania, Asia Tengah, serta Asia Selatan, penggunaan oregano sebagai bahan baku masakan sangat lumrah.

Anda pun dapat bertanam oregano di rumah, baik dipelihara secara indoor maupun outdoor. Oregano akan tumbuh dengan baik hanya dengan perawatan yang sederhana. Bertanam oregano bisa dilakukan dengan menggunakan bibitnya.

Rosemary

tanaman herba
Foto: pixabay

Daun rosemary merupakan salah satu bumbu khas masakan western. Rasa daun rosemary unik, yakni memberikan sedikit sensasi pedas. Tanaman rosemary merupakan jenis tanaman dengan akar yang membutuhkan ruang yang cukup. Setidaknya, pilihlah pot dengan diameter minimal 30 cm jika Anda ingin bertanam rosemary. Saat sudah tumbuh, akan tampak daunnya yang meruncing indah menyerupai jarum sehingga cocok sebagai tanaman hias.

Baca Juga:  Penyakit Hawar Daun pada Tanaman Jagung

Sage

tanaman herba
Foto: pixabay

Daun sage lebih populer dijadikan obat-obatan. Meskipun demikian, sage juga banyak ditambahkan dalam menu masakan western. Sage dapat dibudidayakan melalui dua cara, yaitu setek (dari tanaman induk) dan biji. Bentuk daunnya yang indah membuat sage cocok digunakan sebagai tanaman herba hias di area dapur. Kuncinya, perhatikan kondisi tanah agar tidak terlalu berair dan teduh dari matahari.

 

Loading...
Loading...