Yuk, Cari Tahu 9 Jenis Rempah Temu

Pertanianku — Berbagai jenis rempah tumbuh subur di Indonesia. Mulai dari jahe, lengkuas, kunyit, sampai berbagai jenis rempah temu. Setidaknya, ada 9 jenis rempah temu yang biasa digunakan sehari-hari. Penggunaannya mencakup sebagai bumbu ataupun obat karena khasiatnya. Berikut ini 9 jenis rempah temu dimaksud.

jenis rempah temu
Foto: pixabay

Temu giring

Temu giring disebut juga sebagai kuning gajah. Tumbuhan ini memiliki nama Latin Curcuma heyneana. Sehari-hari, temu giring digunakan sebagai bahan obat tradisional dan jamu. Temu giring mengandung piperin sitrat sehingga berkhasiat sebagai obat cacing dan menangkal serangan cacing gelang.


Loading...

Temu hitam

Temu hitam meimiliki nama ilmiah Curcuma aregurinosa Roxb. Tanaman ini biasa digunakan sebagai campuran obat atau jamu. Nama lain temu hitam antara lain temu erang, temu ireng, dan temu lotong.

Temu kunci

Bentuk temu kunci tidak mirip jenis rempah temu yang lain. Tumbuh temu kunci vertikal ke bawah. Rimpang tanaman Boesenbergia rotunda berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan. Daun temu kunci memiliki efek antiracun. Di Thailand, tanaman ini dikenal dengan nama krachai. Sementara dalam bahasa Inggris, temu kunci disebut fingerroot atau chinese ginger.

Temu lawak

Curcuma xanthorrhiza ini berasal dari daerah Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Saat ini, temu lawak dapat ditemui di Asia Tenggara, Cina, Indochina, India, Jepang, Amerika Serikat, hingga Eropa. Rimpang temu lawak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat jamu godog. Temu lawak juga digunakan sebagai obat jerawat hingga kolesterol.

Temu mangga

Memiliki nama Latin Curcuma mangga Var van Zip., tanaman ini asli Indomalesian. Temu mangga dikenal juga sebagai kunyit putih, kunir putih, temu bayangan, temu poh, temu pao, koneng joho, koneng bodas, dan temu pauh. Dinamakan temu mangga karena rimpang ini punya aroma mirip mangga. Pemanfaatannya adalah mengatasi gangguan pada perut, kanker, dan menambah nafsu makan.

Baca Juga:  Teknik Setek untuk Perbanyakan Tanaman Kopi

Temu putih

Temu putih sering digunakan sebagai obat dan perisa masakan. Rimpang ini juga dikenal dengan nama temu kuning. Curcuma zedoaria (Christm.) Roscoe ini juga sering digunakan pada industri parfum. Khasiat kesehatannya antara lain bisa mengobati masalah pencernaan.

Temu putri

Rimpang temu putri memiliki aroma yang mirip dengan peppermint oil dan hampir tidak berbau. Khasiat Curcuma petiolata Roxb. ini adalah membantu masalah pencernaan, meredakan nyeri dan mulas, menambah nafsu makan, dan membersihkan daerah kewanitaan perempuan yang baru melahirkan.

Temu rapet

Tanaman ini masih berkerabat dengan kencur. Sering juga temu rapet disebut dengan kunci rapet. Nama ilmiahnya adalah Kaempferia rotunda L. Temu rapet digunakan sebagai tanaman hias karena daunnya yang indah. Rimpang dan umbinya mengandung sineol, zat yang memiliki bau kamper.

Temu tis

Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Curcuma purparascens dan merupakan suku temu-temuan. Dikenal di Jawa Barat sebagai koneng. Sementara di Yogyakarta, temu tis disebut temu blenyeh, temu glenyeh, dan temu bayi.

Loading...
Loading...