Yuk, Ikuti Langkah-langkah Membuat Bawang Hitam


Pertanianku — Kandungan bawang hitam yang kaya manfaat membuatnya banyak diburu oleh para pecinta herbal. Padahal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Langkah-langkah membuat bawang hitam juga cukup mudah.

langkah-langkah membuat bawang hitam
Shutterstock

Mengingat cara pembuatannya yang mudah, obat herbal tersebut dapat diproduksi skala rumahan dengan peralatan sederhana.

Seperti disampaikan oleh banyak herbalis di tanah air, kandungan anti-oksidan bawang hitam dua kali lipat lebih tinggi daripada bawang putih. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuatnya, simak langkah-langkah berikut ini.

Menurut peneliti dari Tohoku University Jepang, Emiko Sato, bawang hitam merupakan hasil fermentasi bawang putih. Untuk melakukan fermentasi tersebut, bisa dengan memasukkan bawang putih ke mangkuk nir-karat dan menutupnya dengan aluminium foil.

Setelah itu, bawang tersebut dipanggang dengan oven bersuhu 25—30 derajat Celcius selama 90 hari. Jangan lupa untuk memeriksa bawang panggang itu setiap 4—5 hari. Hal itu guna mencegah terjadinya perubahan suhu.

Cara lainnya, yaitu cukup dengan memanggang bawang selama 40 hari. Namun sayang, setelah diteliti lebih lanjut, kualitas bawang itu berbeda dengan yang diproses secara normal selama 90 hari.

Danang Dwi Santoso, pemilik sebuah toko produk herbal yang menjajakan bawang hitam mengatakan, bawang hitam kini tidak lagi dijual dalam bentuk utuh. Saat ini, varian bawang hitam semakin beragam.

Salah satunya, yakni berupa cairan dalam kemasan siap minum. Hal itu menandakan cara membuat bawang hitam lebih variatif seiring waktu serta kebutuhan yang meningkat.

Baca Juga:  Lada Bantu Anda Turunkan Berat Badan
loading...
loading...