Yuk, Intip Cara Mudah Menguras Kolam Hias


Pertanianku — Apakah Anda memiliki kolam hias di rumah? Sebagian orang mungkin menyukai adanya kolam hias untuk memperindah tampilan rumahnya. Namun, tak jarang pula di antara mereka tidak mengetahui bagaimana cara menguras kolam hias tersebut.

menguras kolam hias
Foto: Google Image

Kualitas air yang jernih harus tetap dijaga supaya ikan-ikan yang ada di dalam kolam hias tetap sehat dan tampak indah. Untuk itu, sesekali Anda perlu menguras bersih kolam hias milik Anda. Perlengkapan yang harus Anda siapkan untuk menguras kolam hias di antaranya tempat pemindahan ikan sementara, selang, lap, dan gayung.

Waktu terbaik untuk menguras kolam hias, yaitu di pagi hari. Anda bisa menggunakan water pump kolam itu sendiri (yang biasa dipakai untuk penyaring kolam). Caranya, dengan menyambungkan keluaran water pump tersebut dengan selang, kemudian alirkan ke parit.

Saat batas air sekitar 20 sentimeter, tangkaplah ikan peliharaan Anda dan masukkan ke tempat pemindahan sementara yang sudah dipersiapkan. Jangan lupa untuk memberi aerator agar ikan tetap terjaga kesehatannya. Apabila di dalam kolam ikan Anda terdapat tumbuhan air, pindahkan juga tumbuhan air tersebut pada satu tempat yang sama dengan ikan.

Setelah mencapai batas dari kemampuan water pump membuang air, maka matikan water pump tersebut lalu gunakan gayung untuk membuang sisa air yang ada. Bila masih ada air yang tersisa, maka barulah Anda gunakan lap untuk membersihkannya. Setelah itu, biarkan kolam kosong tanpa diisi air seharian agar dasar kolam terkena sinar matahari.

Keesokan harinya, barulah isi kembali air ke kolam hias milik Anda. Namun, tidak disarankan menggunakan air PAM karena biasanya mengandung kaporit. Isi kolam dengan aliran air perlahan agar kotoran yang tersisa di kolam tidak mengangkat (bila dasar kolam tersebut diisi dengan koral).

Baca Juga:  Panduan Praktis Budidaya Diskus

Setelah penuh, hidupkan penyaring dan water pump, biarkan beberapa saat kurang lebih satu jam. Hal tersebut dimaksudkan agar air yang ada di kolam memiliki kadar oksigen yang baik. Setelah itu, masukkan kembali ikan ke kolam dari tempat penampungan sementara.

loading...
loading...