Yuk, Intip Manfaat Bercocok Tanam bagi Kehidupan!


Pertanianku — Apakah Anda termasuk salah seorang yang gemar bercocok tanam? Manfaat bercocok tanaman bisa memberikan efek baik dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, Anda bisa bercocok tanam buah, bunga, sayuran, dan sebagainya.

manfaat bercocok tanam
Foto: Google Image

Dulu, bercocok tanam dilakukan di kebun atau di belakang rumah yang letaknya agak jauh dari pekarangan. Padahal, ada begitu banyak manfaat bercocok tanam bagi kehidupan jika dilakukan di sekitar rumah, pekarangan, halaman sekolah, dan sebagainya. Lalu, apa saja manfaat bercocok tanam bagi kehidupan? Nah, simaklah ulasannya berikut ini.

  1. Memenuhi kebutuhan makanan

Pertumbuhan penduduk terus berkembang dan semakin besar yang menyebabkan kebutuhan pangan juga terus meningkat, sedangkan lahan pertanian pun semakin berkurang. Karena itu, bercocok tanam sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Meningkatkan perekonomian

Selain dapat menyuplai kebutuhan konsumsi di rumah, bercocok tanam dalam skala luas dapat membantu perekonomian keluarga dengan cara menjual hasilnya produksinya.

  1. Menyalurkan hobi

Bercocok tanam dapat dijadikan hobi bagi mereka yang menyukai tanaman. Mereka akan menghabiskan waktu dengan merawat tumbuhan-tumbuhan yang ditanam sendiri. Bahkan, hasil dari berkebun itu mereka jual dan menjadi sebuah ladang penghasilan.

  1. Memberi keteduhan

Bercocok tanam bermanfaat untuk memberi kesan teduh dan membuat lingkungan terasa lebih nyaman. Selain itu, tumbuhan juga merupakan komponen penting penghasil oksigen untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup di muka bumi.

  1. Mengurangi pengeluaran

Dengan bercocok tanam, Anda dapat mengurangi pengeluaran untuk belanja sayur dan buah sehari-hari. Dengan demikian, uang yang seharusnya digunakan untuk belanja bahan pangan bisa Anda pergunakan untuk keperluan lainnya.

  1. Menghemat biaya kesehatan

Dengan bercocok tanam dan mengonsumsi hasil yang ditanam dari kebun sendiri, tubuh Anda akan menjadi sehat dan bugar. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya kesehatan.

  1. Menikmati keindahan
Baca Juga:  Patut Coba! Rempah Pereda Sakit Kepala yang Mujarab

Dulu, umumnya orang menganggap bahwa bercocok tanam lebih baik dilakukan di tempat yang tersembunyi atau jauh dari rumah. Tanaman dianggap tidak memberikan keindahan. Akan tetapi, bila ditanam pada sebuah halaman atau pekarangan yang dibuat dengan telaten, maka akan menghasilkan pemandangan yang indah.

Pada saat-saat santai di rumah, Anda dapat menikmati keindahan hasil bercocok tanam tanpa harus mengeluarkan biaya rekreasi yang mahal ke luar rumah.

loading...
loading...