Yuk, Intip Manfaat Daun Jambu Biji


Pertanianku – Jambu biji merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Seperti yang telah diketahui banyak orang, bukan hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, melainkan daunnya pun tak kalah memiliki manfaat yang sangat beragam.

Daun ini kaya akan zat anti-oksidan, anti-inflamasi, antibakteri, dan bahkan tanin yang pastinya baik untuk kesehatan. Selain itu, daun jambu biji juga bisa diseduh untuk membuat teh.

Sebagaimana melansir medicaldaily berikut sejumlah manafat daun jambu biji yang wajib diketahui.

Mengatasi diare

Manfaat daun jambu biji untuk diare mungkin sudah diketahui oleh sebagian besar orang. Minum teh daun jambu biji, ambil ekstraknya sebagai kapsul, atau tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke secangkir air hangat bisa membantu melonggarkan isi perut untuk mengobati diare.

Baik untuk penderita diabetes

Ternyata ekstrak ini bisa menyembuhkan diabetes tipe 2. Penelitian ini sudah dipublikasikan di jurnal Nutrition and Metabolism.

Menurunkan kolesterol

Daun jambu biji adalah obat alami yang bisa sembuhkan penyakit ini tanpa efek samping. Buah dan daun jambu biji juga sama-sama membantu mengatasi penyakit ini.

Membantu penyembuhan kanker lambung

Ekstrak daun jambu biji ini sangat manjur sehingga berpotensi mengobati penderita kanker lambung.

Sifat antikanker dan antitumornya berasal dari senyawa seperti lycopene, quercetin, dan vitamin C, yang berfungsi sebagai anti-oksidan untuk menetralisir kerusakan radikal bebas di tubuh.

Kanker prostat

Kandungan lycopene daun jambu sangat penting untuk melawan kanker seperti payudara, prostat, dan oral. Ini membantu menghambat produksi androgen yang merupakan hormon laki-laki yang bertanggung jawab atas pertumbuhan sel pada beberapa jenis kanker prostat.

Penelitian ini dilakukan pada 2012 dan telah dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research.

Bagaimana, sangat menakjubkan bukan manfaat dari daun jambu?

Baca Juga:  Ingin Tidur Nyenyak dan Hilangkan Stres? Coba 5 Jenis Teh Hijau Ini
loading...
loading...