Yuk, Intip Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan


Pertanianku — Sejak zaman dahulu sekitar abad ke-17, kulit kayu secang sudah menjadi komoditas rempah-rempah yang populer dan banyak dicari. Ukuran pohon secang bisa mencapai tingi hingga 6 meter dan memiliki batang yang berbentuk silinder berwarnaa kecoklatan. Namun siapa sangka, selain sebagai rempah, manfaat kayu secang juga ternyata baik untuk kesehatan umat manusia.

manfaat kayu secang
Foto: Google Image

Jika Anda mengunjungi Kota Nganjuk, ada minuman khas Nganjuk yang bisa Anda nikmati, yaitu sirup secang. Selain rasanya yang menyegarkan juga memiliki khasiat terhadap kesehatan tubuh. Sirup secang terbuat dari kayu secang yang merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang berasal dari Indonesia.

Sebagai salah satu jenis rempah-rempahan yang ada di Indonesia, tentu saja kayu secang memiliki banyak manfaat. Beberapa pemanfaatan dari kayu secang di antaranya sebagai bahan pewarna, sebagai bahan untuk membuat minuman, dan sebagai media pengobatan atau obat herbal. Kayu secang mengandung zat-zat kimia dan mineral, serta nutrisi yang sangat bermanfaat seperti berikut ini.

  1. Brazilin

Brazilin merupakan salah satu jenis pewarna alami yang dimiliki oleh kayu secang dan memberikan pewarna merah. Biasanya warna merah ini digunakan pada cat dan pewarna.

  1. Polifenol

Kayu secang juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol merupakan salah satu zat yang bermanfaat sebagai anti-oksidan dan penangkal radikal bebas, yang seperti terkandung pada teh hijau.

  1. Flavonoid

Flavonoid merupakan jenis pigmen pada tumbuhan. Beberapa manfaat senyawa flavonoid di dalam tubuh kita, di antaranya meningkatkan efektivitas manfaat vitamin C yang diserap oleh tubuh, merupakan zat anti-oksidan, dapat berfungsi sebagai antibiotik alami, dan dapat menangkal radikal bebas.

  1. Saponin

Saponin merupakan salah satu senyawa kimia yang memberikan efek rasa pahit pada tanaman, termasuk kayu secang. Saponin memiliki ciri-ciri, dengan munculnya busa atau berbuih ketika dikocok dengan menggunakan air.

  1. Tannin
Baca Juga:  Bahaya! Jangan Mencuci Ikan Sebelum Dimasak

Tannin merupakan jenis senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan merupakan salah satu jenis senyawa yang kompleks. Beberapa manfaat dari tannin, yakni menghentikan pendarahan, antibakteri, serta memperbaiki dinding usus yang rusak karena ulah virus atau bakteri.

  1. Minyak atsiri

Minyak atsiri merupakan salah satu jenis minyak essensial yang terkandung di dalam kayu secang. Sifatnya yang utama ialah menimbulkan aroma khas dan unik. Beberapa manfaat dari minyak atsiri adalah sebagai bahan dasar analgesik, obat sakit perut, dan sebagai bahan dasar antiseptik.