Yuk, Intip Tips Memilih Bibit Anggur yang Baik!


Pertanianku — Apakah Anda tertarik menanam anggur di rumah? Nah, sebelum menanam, alangkah baiknya Anda mengetahui bagaimana cara memilih bibit anggur yang hendak Anda tanam.

memilih bibit anggur
Foto: Pixabay

Anda bisa memilih bibit anggur dari jenis dan varietas apa saja asalkan bibit itu sehat, pertumbuhannya subur, dan berasal dari induk yang produktif. Jika ingin lebih praktis, maka Anda bisa memilih bibit yang sudah jadi. Misalnya, dengan membeli di toko atau tempat pembibitan anggur yang terpercaya.

Bisa juga Anda menyemai sendiri bibit jika kebetulan mempunyai tanaman induknya. Jika Anda menginginkan bibit dengan cara setek, maka setek tanaman anggur bisa dipilih dari cabang primer yang usianya sudah 1—2 tahun.

Jangan menggunakan cabang yang ukurannya kecil karena usianya masih terlalu muda dan saat disemai akan mudah kering. Potongan setek yang baik bentuk batangnya membulat, mempunyai ruas-ruas dan mata tunas yang subur.

Cabang tanaman yang akan dipakai untuk bibit setek dipotong-potong, misalnya dengan ukuran 20 sentimeter. Cabang setek yang bermata tunas paling sedikit jumlahnya 3 dan biasanya disebut setek cabang.

Setek itu dibuat dengan memotong-motong cabang tanaman menggunakan golok tajam sepanjang 20—30 sentimeter dengan jarak 2 sentimeter dari mata tunas bagian pangkal ataupun ujung batang setek. Bagian cabang yang diambil, yakni bagian pangkal dan tengahnya saja, karena bagian ujung umumnya kurang baik untuk bibit karena terlalu muda.

Potongan setek bagian ujung dibuat merata, sedangkan potongan bagian bawah dibuat lancip. Maksud keratan itu untuk membedakan, mana bagian pangkal dan mana bagian pucuk batang bibit tanaman.

Bibit setek bisa langsung ditanam dalam pot yang media tanamnya sudah disediakan. Bisa juga bibit itu disemai terlebih dahulu dalam polibag dengan media tanam yang sama. Penanamannya, dua buah mata tunas berada dalam tanah dan lainnya tersembul di udara bebas.

Baca Juga:  Umur yang Pas untuk Panen Cabai

Simpan bibit yang baru disemai di tempat teduh, selanjutnya lakukan penyiraman setiap hari secukupnya. Jika bibit menunjukkan tanda-tanda tumbuh, mengeluarkan daun dua atau tiga lembar, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih terbuka dan mendapat sinar matahari.

Bersamaan dengan pemindahan pot, perlu juga dipasang tempat rambatan untuk tanaman. Tempat rambatan itu selain berguna untuk menyokong tegaknya batang bibit, juga berguna untuk membelit-belitkan cabang tanaman.

Tempat rambatan bisa berbentuk tangga setinggi 1,5 meter dengan lebar disesuaikan. Bahannya bisa dari kayu, bambu, besi, atau bahan lain yang kuat dan tahan lama untuk tempat rambatan.

Penyemaian dan penanaman bibit anggur yang paling tepat dilakukan pada Maret hingga Juli. Dengan perhitungan setelah musim hujan tiba, bibit tanaman akan tumbuh pesat dan subur.

loading...
loading...