Yuk, Kenalan dengan 4 Daun Pemberi Aroma Masakan

    PertaniankuDaun pemberi aroma sudah lama dimanfaatkan untuk membuat masakan lebih menarik. Daun-daun ini pun biasanya tidak diberikan dalam jumlah yang banyak. Berikut ini 4 jenis daun pemberi aroma masakan yang berasal dari luar negeri dan biasa digunakan.

    Dill

    Daun pemberi aroma

    Loading...

    Daun ini berasal dari daerah Mediterania dan Asia Barat. Tanaman ini memiliki aroma yang sangat khas. Bentuknya seperti jarum dan runcing di bagian ujungnya. Tanaman ini sendiri sudah lama digunakan untuk penambah aroma masakan.

    Bangsa Romawi menggambarkan daun dill sebagai simbol kegembiraan. Di negara Inggris, daun ini dipercaya bisa digunakan untuk mengusir roh jahat. Selain itu, daun ini ternyata juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu kegunaan daun dill adalah untuk mengatasi sakit perut.

    Sage

    Daun pemberi aroma

    Daun sage cukup unik karena memiliki permukaan yang berbulu. Daun ini sendiri berasal dari daerah Mediterania. Mulanya, ia dikenal sebagai tanaman yang digunakan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan.

    Lambat laun, daun ini pun digunakan untuk bumbu masakan karena memberikan aroma yang menggugah selera. Kata sage sendiri berasal dari bahasa Yunani. Kata salvia dalam bahasa Yunani berarti sehat. Kata ini mencerminkan kegunaan awal daun sage di bidang pengobatan.

    Coriander

    Daun pemberi aroma

    Coriander sering disebut juga sebagai cilantro. Tanaman ini cukup dikenal sebagai pemberi flavor, rasa, dan aroma pada masakan. Bijinya sering digunakan sebagai bumbu rempah. Daun hijau mirip seledri ini merupakan daun dari tanaman ketumbar.

    Coriander berasal dari wilayah Mediterania. Namun, penggunaan daun ini sudah banyak menyebar ke wilayah Asia. Kegunaannya sangat mirip dengan seledri, begitu pula bentuknya. Aroma coriander sangat khas, yakni pedas dan harum menjadi satu.

    Thyme

    Daun pemberi aroma
    Foto: pixabay

    Daun yang satu ini berbentuk seperti kecambah atau taoge. Thyme merupakan salah satu pemberi aroma yang sangat penting untuk membuat masakan barat. Daun ini digunakan dalam campuran kaldu, bersama-sama dengan bay leaf, parsley, bawang daun, merica hitam, rosemary, dan tarragon.

    Thyme merupakan tanaman Mediterania. Zaman dahulu, daun ini digunakan sebagai aroma terapi karena baunya yang harum. Thyme digunakan dalam kuil-kuil Yunani dan Romawi kuno. Selain itu, thyme digunakan untuk persembahan pada Dewi Venus.

    Loading...
    Loading...