Yuk, Kenalan dengan 8 Jamur Ajaib, Unik, dan Indah


Pertanianku — Ada begitu banyak jenis jamur di dunia ini. Sebagian dapat dikonsumsi dan ada beberapa jenis jamur yang justru beracun, Anda perlu hati-hati. Tahukah Anda ada jamur ajaib, unik, dan indah? Tampilannya mungkin berbeda dengan jamur yang biasa Anda lihat.

jamur ajaib, unik, dan indah
Foto: Shutterstock

Dalam benak kita, jamur pasti berbentuk seperti payung. Namun, lain dengan 8 jamur unik di bawah ini. Berikut beberapa jenis jamur unik di dunia.

  1. Jamur fly amanita (Amanita muscaria)

Ini adalah jamur beracun yang termasuk ke dalam golongan basidiomycota. Jamur ini memiliki variasi warna berbeda-beda, mulai dari merah terang, jingga, kuning, hingga putih. Jamur ini dapat ditemukan di berbagai daerah di seluruh dunia.

  1. Jamur cahaya (Mycena chlorophos)

Cahaya jamur ini berasal dari enzim luciferase yang bereaksi saat zat luciferin bertemu dengan oksigen. Biasanya, jamur Mycena chlorophos hidup di lingkungan lembap seperti hutan tropis Brazil dan Taman Nasional Halimun, Jawa Barat, Indonesia. Hingga saat ini, para ahli kehutanan serta ahli biologis belum mengetahui fungsi cahaya dari jamur ini.

  1. Jamur dog stinkhorn (Mutinus caninus)

Jamur ini tidak dapat dimakan.dan dikenal sebagai Dog Stinkhorn. Berbentuk tipis-tipis kecil, seperti bentuk jamur hutan, dengan ujung gelap. Jamur Mutinus caninus sering ditemukan tumbuh dalam kelompok-kelompok kecil pada puing-puing kayu, atau dalam timbunan daun, selama musim panas dan musim gugur di Eropa dan Timur Amerika Utara.

  1. Jamur jenggot (Hericium erinaceus)

Jamur ini terlihat seperti mi atau jenggot. Hericium erinaceus merupakan jamur merang yang termasuk dalam kelompok jamur gigi. Di alam liar, jamur Hericium erinaceus biasa tumbuh selama akhir musim panas dan tumbuh pada kayu-kayu mati, terutama untuk jenis jamur American Beech.

  1. Jamur sky blue (Entoloma hochstetteri)
Baca Juga:  Ikan Hias Discus Bisa dengan Mudah Dibudidayakan di Indonesia

Jamur biru atau jamur Entoloma hochstetteri adalah spesies jamur yang ditemukan di Selandia Baru dan India. Jamur Entoloma hochstetteri memiliki warna unik, yaitu biru. Warna biru dihasilkan oleh tiga pigmen azulene. Jamur Entoloma hochstetteri tidak dapat dimakan, namun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai adanya racun atau tidak di dalam jamur ini.

  1. Hydnellum peckii

Meskipun jamur ini tidak beracun, rasanya sangat pahit jika dimakan. Spesies ini tumbuh di bawah pohon pinus di hutan. Spesimen mudanya yang berwarna merah terang memiliki sifat antikoagulan.

  1. Lycoperdon echinatum

Dikenal pula dengan nama spiny puffball atau spring puffball. Jamur ini adalah salah satu dari banyak jamur yang payungnya berduri. Ditemukan di Afrika, Eropa, serta Amerika Tengah dan Utara. Spesies jamur kecil (diameternya sekitar satu inci) ini dapat dimakan ketika masih muda dan berwarna putih.

Tes laboratorium telah menunjukkan bahwa memakan jamur ini dapat menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri penyebab penyakit.

  1. Gyromitra esculenta

Spesies ini sering disebut jamur otak atau jamur sorban, dan jamur ini dianggap lezat di Skandinavia, Eropa Timur, dan di wilayah Great Lakes di AS, tetapi hanya jika disiapkan dengan benar.

Jamur ini berpotensi fatal jika dimakan mentah sehingga mereka yang berencana untuk memakannya harus sangat berhati-hati untuk menghapus gyromitrin beracun. Zat tersebut biasanya dilakukan dengan merebus cincangan jamur ini beberapa kali.

loading...
loading...