Yuk Kenalan dengan Burung Tledekan


Pertanianku – Burung tledekan merupakan jenis burung yang memiliki kicauan yang merdu. Burung ini memiliki gaya berciri khas yaitu seperti saat sedang berpose gaya joget. Beberapa kalangan mengatakan memelihara burung tledekan memiliki seni tersendiri yang sangat berbeda jika memelihara burung kicau jenis lain. Pasalnya, burung tledekan dari segi fisik memang tidak begitu besar, namun, memiliki sifat petarung.

Yuk Kenalan dengan Burung Tledekan

Makanan utama burung ini adalah kroto. Master yang baik untuk burungn tledekan adalah burung cucak jenggot, cililin, love bird, kacer, kenari. Jika Anda ingin membuat burung tledekan rajin berkicau, berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan.

  • Di pagi hari, mandikan burung tledekan dengan cara disemprot spray terlebih dahulu sehingga burung akan mandi sendiri atau Anda bisa memandikannyalangsung di keramba atau bak mandi burung.
  • Jemur burung sekitar 2 jam setelah itu angin-anginkan ditempat teduh dengan catatan intensitas panasnya tidak terlalu panas.
  • Gantilah pakan dan minumnya dengan yang baru dan bersihkan kandangnya secara rutin setiap hari dengan tanpa mengganggu kenyamanan burung tledekan.
  • Pada jam 12 berilah kroto 1 sdt lalu berikan jangkrik 2–3 ekor.
  • Kemudian pada sore jam 3 mandikan dan angin anginkan kemudian berilah ulat hongkong 3 ekor lalu masukkan ke dalam dan kerodong.
  • Untuk pemasteran lakukan dengan mp3 atau langsung menyandingkannya dengan burung gacor lainnya dalam krodong. Hal ini untuk mencegah burung tidak kalah mentalnya. Lakukan pemasteran sampai keesokan harinya.
  • Jadikan lingkungan sekitar rumah Anda aman dari predator dan dari hal yang bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan burung ini.
Baca Juga:  5 Tantangan Bisnis Unggas yang Perlu Diketahui