Yuk, Kenalan dengan Ikan-ikan Pembersih Akuarium

Pertanianku — Di dalam akuarium, ada ikan-ikan yang sengaja dipelihara sebagai ikan pembersih akuarium. Salah satu yang paling populer adalah ikan sapu-sapu. Ternyata, masih ada beberapa jenis ikan lainnya yang juga bisa membantu perawatan akuarium sehingga tetap bersih. Apa saja jenisnya? Yuk, kenalan dengan ikan-ikan pembersih akuarium ini!

Otocinclus sp.

ikan pembersih akuarium
Foto: fishkeepingworld.com

Ikan jenis ini hidup berkelompok dengan jumlah kurang lebih lima ekor tiap kelompoknya. Otocincius cocok digabungkan dalam satu akuarium bersama jenis ikan chiclid yang beringas. Misalnya, chiclid besar atau agelfish.

Loading...

Ukurannya yang mungil, yakni hanya sepanjang 5 cm akan memperindah akuarium. Ikan ini bisa dipelihara dengan tambahan daun dan kayu apung. Mereka akan menyantap ganggang dalam jumlah banyak, terutama ganggang cokelat dan ganggang hijau lembut.

Poecilla sphenops

ikan pembersih akuarium
Foto: aqualog.de

Dikenal sebagai pemakan ganggang, ikan ini juga punya nama lain, yakni ikan molly. Dari banyaknya jenis ikan molly, black molly adalah jenis yang paling efektif bisa membantu pembersihan akuarium. Ikan ini bisa mengonsumsi ganggang yang terdapat pada tanaman hingga batu hiasan.

Tak hanya kemampuannya mengonsumsi ganggang, ikan molly juga memiliki penampilan yang memikat. Anda bisa meletakkan ikan ini dalam akuarium berukuran minimal 75 liter.

Ikan molly bisa beradaptasi dengan baik pada akuarium yang sudah berisi ikan hias jenis lain, mulai dari ikan platy, swordtail, angel fish, corydoras catfish, hingga ikan tetra dengan ukuran yang lebih besar.

Crossocheilus oblongus

ikan pembersih akuarium
Foto: encyclo-fish.com

Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama ikan selimang batu. Nama lain Crossochelius oblongus adalah siamese flying fox dan false siamenses. Dari segi ukuran, ikan-ikan ini bisa mencapai ukuran 15—16 cm. Ciri utamanya adalah garis berwarna hitam dan membujur horizontal dari ekor hingga insang.

Baca Juga:  Jenis-jenis Penyakit Ikan Koi

Ikan ini memiliki motif yang terlihat samar dan memudar. Ia merupakan jenis ikan yang mudah perawatannya serta membantu menjaga kebersihan akuarium yang ia tempati. Anda bisa meletakkan ikan selimang batu bersamaan dengan ikan lain seperti ikan tetra, ikan pleco, ikan barb, hingga corydoras.

Loading...
Loading...