Yuk, Kenali 14 Macam Ikan Oscar

Pertanianku — Berbagai macam ikan oscar dapat ditemui di Indonesia dengan mudah. Toko ikan hias umumnya menjual berbagai jenis dan variannya. Setidaknya, terdapat lebih dari sepuluh jenis ikan oscar yang umum dipelihara sebagai ikan hias. Yuk, kenali 14 macam ikan oscar!

macam ikan oscar
Foto: pexels

Ikan oscar veiltail

Sirip ikan oscar veiltail lebih panjang dari sirip ikan oscar kebanyakan. Oleh karena itu, bagian tubuhnya tersebut sangat rentan terhadap kerusakan.

Loading...

Ikan oscar albino

Seperti namanya, ikan ini berwarna putih karena memiliki gen albino. Terdapat corak bintik beludru berwarna merah keemasan. Ciri lain adalah mata ikan albino berwarna lebih terang menyala, berwarna merah. Sirip ikan oscar albino lebih lebar. Dibandingkan jenis ikan oscar lain, ikan ini lebih menyukai makanan segar dan masih hidup.  

Ikan oscar red

Ikani ini merupakan salah satu primadona di antara jenis ikan oscar lainnya. Warna dasar ikan ini adalah merah-oranye atau merah solid. Bagian kepala, sirip, dan ekor memiliki warna hitam. Sifatnya cenderung agresif dan galak.

Ikan oscar albino red

Ikan oscar albino red memiliki warna yang cenderung merah. Ciri lainnya adalah mata yang berwarna merah saat terkena cahaya dari atas. Seluruh sirip berwarna putih pada bagian ujungnya. Kepala ikan berwarna dominan merah, namun terdapat corak putih. Ikan ini merupakan hasil persilangan ikan oscar albino dengan ikan oscar red.

Ikan oscar slayer

Bentuk ikan oscar slayer hampir mirip dengan ikan cupang, yakni memiliki sirip dan ekor yang menjuntai. Sebenarnya, hal ini disebabkan oleh kelainan genetik.

Ikan oscar albino slayer

Seperti ikan oscar slayer lainnya, ikan ini memiliki sirip dan ekor yang panjang. Warna putih mengindikasikan ikan ini merupakan jenis albino.

Ikan oscar tiger

Ikan oscar tiger merupakan yang paling sering dikenal dan dijumpai. Spesies ini merupakan spesies asli yang tidak dikawinsilangkan. Sifatnya sangat agresif dan suka menyendiri.

Ikan oscar albino tiger

Ikan oscar jenis ini merupakan persilangan antara ikan oscar tiger dan ikan oscar albino. Warna tubuhnya dominan putih, namun terdapat bercak merah sepanjang tubuhnya. Sirip ikan oskar albino tiger berwarna abu-abu pada bagian ujungnya. Sirip insang tetap berwarna putih.

Ikan oscar red tiger

Warna dasar tubuh ikan ini adalah hitam abu-abu. Sementara, coraknya berwarna merah atau oranye menyala. Ikan ini belum mengalami kawin silang dan sangat digemari karena keindahan coraknya.

Ikan oscar batik

Dikenal bagus, ikan oscar batik memang punya corak seperti batik. Sama-sama memiliki corak seperti ikan oscar tiger, namun keduanya sebenarnya punya corak yang berbeda. Ikan oscar batik punya warna dominan hitam, serta bintik seperti ikan oscar albino.

Ikan oscar wild argentina

Ikan oscar wild argentina berwarna dasar kuning kecokelatan. Corak tubuhnya berwarna hitam. Sirip ikan oscar berarna kuning.

Ikan oscar hitam

Ikan oscar hitam sulit ditemui. Hal ini karena untuk mendapatkan ikan oscar hitam, harus dilakukan persilangan dengan ikan oscar tiger dan memiliki kelainan genetik. Walaupun berwarna hitam, ikan oscar hitam punya corak berwarna keabu-abuan.

Ikan oscar lemon

Warnanya kuning menyala seperti buah lemon. Ujung sirip berwarna putih atau sedikit hitam.

Golden oscar

Disebut golden oscar karena memang ikan ini memiliki warna keemasan. Warna emas tersebut dominan di bagian tubuh. Sementara, sirip dan perut ikan golden oscar berwarna hitam dan kepalanya berwarna abu-abu.

Loading...
Loading...